Hari Ke-Lima Pemasangan Pipanisasi Air Bersih Desa Sitirejo

  • Jan 21, 2021
  • Sitirejo-Tambakromo

Sitirejo, DESA.ID - Air merupakan salah satu kebutuhan yang penting bagi kehidupan manusia. Kekurangan suplai air bersih akan sangat berpengaruh pada berbagai faktor kehidupan manusia, baik kesehatan, ekonomi, dan lain sebagainya. Sehingga perlu direncanakan suatu sistem penyediaan air bersih.

"Dan pada kesempatan ini bersama warga dan didampingi oleh ahli pamsimas dan juga pendampingan dari pelaksana kegiatan, menggali dan penanaman pipanisasi sudah memasuki hari yang kelima." Demikian yang admin kutip dari pelaksana kegitan menjelaskan

[caption id="attachment_6315" align="alignleft" width="300"]Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan Penggalian dan proses penanaman pipanisasi hari yang ke-lima.DOC/SID/21/01/2021-PUR[/caption] [caption id="attachment_6313" align="alignleft" width="300"]Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan Penggalian dan proses penanaman pipanisasi hari yang ke-lima.DOC/SID/21/01/2021-PUR[/caption]

Desa Sitirejo mulai dari anggaran tahun 2020 yang lalu telah melaksakan kegiatan pembuatan sumur dalam yang berlokasi di sumur sawah waru doyong, dan juga pemasangan kabel yang sudah melalui proses yang lumayan panjang, pasalnya dari mulai tahun 2019 penggalian sumur dalam dan sampai saat ini sudah di kroscek para ahli ternyata sumber yang dihasilkan memiliki potensi mata air yang bagus, sehingga perlu dibuat suatu Sistem Penyediaan Air Bersih.

[gallery columns="2" size="full" link="file" ids="6311,6316"]

Sistem jaringan air bersih yang direncanakan yaitu dengan menampung air dari sumur dalam sawah waru doyong kemudian dengan menggunakan pompa, air dinaikkan ke reservoir distribusi, selanjutnya air didistribusikan ke penduduk melalui Hidran Umum dengan sistem gravitasi.

Debit mata air diprediksi 87,840 m3/hari akan memenuhi kebutuhan air untuk 10 tahun kedepan sebesar 37,225 m3/hari. Ukuran bak penampung (3x3x3x5)m dan ukuran reservoir distribusi (3x3x5,5)m.

[caption id="attachment_6310" align="alignleft" width="300"]Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan Stok Pipa yang digunakan untuk penyaluran air bersih yang berkualitas terbaik.DOC-SID/PUR-21/01/2021[/caption] [caption id="attachment_6312" align="alignleft" width="300"]Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan Stok Pipa yang digunakan untuk penyaluran air bersih yang berkualitas terbaik.DOC-SID/PUR-21/01/2021[/caption]

Jenis pipa yang digunakan adalah pipa PVC. Untuk kalkulasi sistem distribusi perpipaan, menggunakan program Epanet 2.0. Perencanaan ini sesuai dengan tujuan yaitu dapat menyediakan dan memenuhi kebutuhan air bersih di Desa Sitirejo.


Salam Sideka Platform Tata Kelola Desa

Editor : Purwanto