Monitoring dan Evaluasi BUMDES Desa Sitirejo Tahun 2023

  • Jun 08, 2023
  • Sitirejo Tambakromo
  • BERITA, DANA DESA

sitirejo-tambakromo.desa.id - Sebelum admin menginformasikan hasil Monitoring dan Evaluasi BEMDES kali ini mungkin admin akan memberikan sedikit gambaran apa sih yang dinamakan BEMDES itu ..?

Badan Usaha Milik Desa BUMDES adalah merupakan Lembaga Usaha Desa yang dikelola oleh Masyarakat dan Pemerintah Desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. BUMDES sebagai suatu lembaga ekonomi modal usahanya dibangun atas inisiatif masyarakat dan menganut asas mandiri. Ini berarti pemenuhan modal usaha BUMDES harus bersumber dari masyarakat. Mungkin itu sebagai gambaran apa itu BUMDES.

Okey admin lanjutkan iya teman-teman desa.id, admin mendapatkan informasi dari Pendamping Desa (PD), bahwa terjadinya monev BUMDES di Desa Sitirejo ini pada Kamis 08 Juni 2023 kali ini berawal dari laporan masyarakat di laman laporgub yang kemudian tiem dari Dispermades mengadakan monitorinng dan evaluasi untuk perkembangan BUMDES di Desa Sitirejo itu seperti apa sih.

Dan setelah sekitar 2 jam tiem dari Dispermades mengevaluasi dengan pengurus BUMDES ada banyak catatan untuk perkembangan BUMDES di Desa Sitirejo, seperti yang admin sendiri mengikuti jalannya monev kali ini seperti yang dibacakan oleh Kepala Bidang Perkembangan Desa (Bapak Sutowo) membacakan satu persatu permasalahnnya di kepengurusan dan perkembangan BUMDES di Desa Sitirejo, antar lain adalah :

  1. Tentang keadministrasian
  2. Tata Kelola

Agar lebih ditingkatkan

 

Dan lebih lanjut Pak Sutowo menekankan kepada Pendamping Desa maupun Pendamping Lokal Desa untuk segera memberikan bimbingan dan arahan untuk poin-poin catatan-catatan diatas. Dan juga Bapak Sutowo berpesan kepada Kades dan pengurus BUMDES tentang poin-poin dan catatan-catatan diatas untuk segera diselesaikan dalam jangka 2 bulan kedepan. (8/Juni/2023).

 

Salam Sideka New Generation

Administrator / Editor : Purwanto