Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah Antara Desa Sitirejo dan Desa Tambahagung Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati

  • Jun 06, 2023
  • Sitirejo Tambakromo
  • BERITA, LINGKUNGAN, PEMERINTAHAN, PEMBANGUNAN, KESEJAHTERAAN

Sebelum admin menginformasikan proses pengerjaan PISEW ini, tidak ada salahnya jika admin menuliskan apa itu PISEW atau Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah yaitu merupakan program yang dilaksanakan untuk mendukung kebijakan Pemerintah dalam meningkatkan dan mengembangkan infrastruktur yang mendorong pertumbuhan ekonomi kawasan permukiman di kecamatan, serta meningkatkan kualitas permukiman perdesaan.

Mungkin tahun 2023 ini adalah termasuk tahun yang baik untuk desa sitirejo, pasalnya di tahun 2023 ini mendapatkan banyak bantuan dari pemerintah kabupaten, pemerintah propinsi dan juga dari pemerintah pusat yaitu berupa Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW), tentunya melalui proses yang panjang dan juga lama untuk mendapatkan PISEW tersebut. 

Dan kebetulan pada pembangunan infrastruktur yang berasal dari APBN Kementerian PUPR ini di wujudkan untuk pembangunan rabat jalan yang menghubungkan dengan Desa Tambahagung Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati Propinsi Jawa Tengah, lebih tepatnya bahwa pembangunan melalui program PISEW ini untuk Desa Sitirejo sebelah Utara dan untuk Desa Tambahagung sebelah Selatan.

Perlu admin informasikan sebagaimana admin mendapatkan informasi dari salah satu pengurus yg menanganinya bahwa pembangunan PISEW berupa rabat jalan ini adalah dengan panjang 607 meter dengan lebar 4 meter dengan anggaran Rp. 500.000.000 (Liama Ratus Juta Rupiah). Dari informasi yang admin dapat bahwa pengerjaan PISEW ini dilakukan dengan tenaga manual / Swakelola Masyarakat sekitar, dan dalam jangka waktu kurang lebih 3 Minggu itu artinya tidak sesuai dengan tulisan yang terdapat di papan informasi.

​​​​​​Tambahan informasi bahwa panjang yang seharus 625 meter menjadi 607 meter dikarenakan sisa anggarannya untuk pengurugan bahu jalan kanan dan kiri.

Gambar 0 % rabat jalan antara Desa Sitirejo dan Desa Tambahagung
Gambar 40 % rabat jalan antara Desa Sitirejo dan Desa Tambahagung
Gambar 80 % rabat jalan antara Desa Sitirejo dan Desa Tambahagung
Gambar 100 % rabat jalan antara Desa Sitirejo dan Desa Tambahagung

Untuk menambah pengertia sahabat pembaca bahwa PISEW ini merupakan Pembangunan infrastruktur kerakyatan dengan skema PKT salah satunya dilaksanakan melalui Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) yang dilakukan Kementerian PUPR untuk mengurangi kesenjangan antar wilayah, pengentasan kemiskinan, memperbaiki tata kelola pemerintah daerah (kabupaten, kecamatan dan desa) serta memperkuat kelembagaan masyarakat di tingkat desa.

Pada umumnya infrastruktur yang dibangun melalui dana PISEW adalah jalan produksi sebagai infrastruktur penunjang produksi pertanian dan industri, serta sebagai prasarana pendukung pemasaran komoditas dengan memudahkan petani untuk mengangkut hasil pertanian, perkebunan dan perikanan. Pelaksanaan pembangunannya dikerjakan oleh masyarakat desa setempat tidak menggunakan kontraktor.

Salam Sideka New Generation

Foto By : Panitia

Editor : Purwanto