Pos Pembinaan Terpadu POSBINDU Agustus 2023

  • Aug 08, 2023
  • Sitirejo Tambakromo
  • BERITA, KESEHATAN

sitirejo-tambakromo.desa.id - Setiap tanggal 8 Pemerintah Desa Sitirejo mengadakan pemeriksaan yang dikelola oleh petugas posbindu yang di koordinir langsung oleh Bidan Desa (Bu Wiwin).

Jadi itu artinya setiap bulan pada tanggal 8 dengan diprakarsai oleh bidan desa Pemerintah Desa Sitirejo mengadakan kegiatan pemeriksaan kesehatan untuk masyrakat menyeluruh dengan gratis bagi pasien yang punya Kartu Indonesia Sehat (KIS) atau dengan bahasa lain adalah BPJS JKN KIS, dan bagi yang gak punya JKN KIS dikenakan biaya pemeriksaan sebesar Rp. 15.000.

Dan perlu saya informasikan bahwa tujuan utama kegiatan Posbindu adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM (Penyakit Tidak Menular).

Oleh karena itu sasaran Posbindu PTM cukup luas mencakup semua masyarakat usia 15 tahun ke atas baik itu dengan kondisi sehat, masyarakat beresiko maupun masyarakat dengan kasus PTM (Penyakit Tidak Menular).

Dan Posbindu ini juga bertujuan untuk mengontrol dan menjaga kesehatan secara optimal baik dengan upaya preventif seperti penyuluhan dan kuratif melalui sistem rujukan Posbindu PTM ke Puskesmas.