Desa Inklusif Disabilitas Desa Sitirejo, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati, Propinsi Jawa Tengah

  • Dec 08, 2020
  • Sitirejo-Tambakromo

DESA.ID - SITIREJO, Desa Sitirejo terletak di Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah.

Dengan luas wilayah 246 Ha, terdapat 4 dusun, 2 RW dan 17 RT di desa ini. Desa Sitirejo menjadi desa inklusif yaitu desa ramah disabilitas.

Desa Sitirejo memiliki jumlah penduduk laki laki sebanyak 1264 jiwa dan penduduk perempuan sejumlah 1308 dengan total jumlah keluarga sebanyak 2.572.

Status desa adalah berkembang dilihat dari IDM 2020 dengan nilai IDM 0.679. Sebanyak 883 keluarga di desa merupakan pengguna listrik PLN. Bahan bakar untuk masak sebagian besar keluarga adalah LPG 3 Kg.

Sinyal komunikasi di desa ini termasuk kuat untuk sinyal telepon seluler dan 4G/LTE untuk sinyal internet, dengan jumlah operator layanan komunikasi yang telah menjangkau di desa ada 6 unit.


[gallery columns="1" size="full" ids="5727,5729"]

Masyarakat desa dapat dikatakan sehat dan sejahtera. Hal ini ditandai dengan tidak adanya wabah KLB dan terdapat 1 posyandu yang memberikan penyuluhan dan makanan / minuman tambahan.

Gizi di desa juga cukup baik ditandai dengan tanpa adanya penderita gizi buruk. Air minum di desa terkategori berkualitas dengan sebagian besar keluarga sumbernya berasal dari sumur bor/pompa.Sanitasi sebagian besar keluarga di desa adalah jamban sendiri.

Pendidikan desa termasuk berkualitas dibuktikan dengan tidak adanya masyarakt buta aksara. Selain kegiatan tersebut, lembaga pendidikan yang tersedia di desa adalah 1 TK/BA dan 1 SD/ MI.

Untuk kegiatan pendidikan lainnya, terdapat kegiatan TPQ dan TBM di Desa Sitirejo.


[gallery columns="1" size="full" ids="5732,5733"]

Sarana pengembangan ekonomi desa juga tersedia yaitu 1 toko, 1 minimarket, 25 warung pangan, 50 kelontong, dan 1 BUMDes. Tidak terdapat keberadaan produk unggulan yang ada di desa, dengan komoditas sebagian besar penduduk desa adalah petani padi.

Lalulintas dari / ke desa/ kelurahan melalui darat, dengan jenis permukaan jalan darat antar desa adalah aspal/beton.  Untuk angkutan umum yang masuk desa adalah tidak ada.

Desa SItirejo tidak mengalami bencana selama 2 tahun terakhir. Desa ini damai dan berkeadilan dengan tidak adanya konflik dan kriminalitas yang terjadi.

Banyak penyandang cacat di desa terdiri dari 2 tunanetra, 1 tunarungu-wicara, 7 tunadaksa, dan 5 tunalaras dan desa Sitirejo adalah salah satu desa inklusif ramah disabilitas.


Salam Sideka Platform Tata Kelola Desa Sumber : Podes 2019, Korpodes 2020, Kecamatan dalam angka tahun 2020 Editor    : DESA.ID