Tingkatkan Literasi Statistik Melalui Desa Cantik BPS

  • Aug 28, 2024
  • Sitirejo Tambakromo
  • BERITA, POTENSI DESA, DIGITALISASI

Sitirejo - Rabu 28 Agustus 2024 Badan Pusat Statistik (BPS) memberikan pembinaan tentang Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) kepada Desa Sitirejo, yang bertempat di Gedung Serba Guna Desa Sitirejo, sekitar pukul jam 08.30 sampai denag jam 10.30 WIB pembinaan berjalan dengan lancar sampai dengan selesai.

Dimulai dengan sambutan kepala BPS Kabupaten Pati, beliau mengatakan "Pemerintah desa/kelurahan adalah penyelenggara kegiatan statistik di wilayahnya masing-masing. Hal tersebut tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI)."

Dengan peran itu, desa/kelurahan  sebagai satuan wilayah terkecil menjadi sangat penting. Karena desa tidak lagi menjadi objek pembangunan, melainkan sebagai subjek dan ujung tombak pembangunan.

Sehingga diperlukan penguatan tata kelola pemerintahan desa, termasuk dalam hal pengelolaan data statistik untuk program pembangunan wilayah. Guna mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan.

Menyadari pentingnya peran desa dalam pengelolaan dan pengembangan literasi statistik, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pati melaksanakan Program Pembinaan Desa Cinta Statistik (Cantik) pada Desa SItirejo," pungkas beliau.

Ibu Erlina dalam penyampaian materi juga menyampaikan, “Desa Cantik adalah program peningkatan kompetensi aparat desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data. Dengan bentuk komunitas statistik desa sehingga perencanaan pembangunan lebih tepat sasaran.”

“Singkatnya, Desa Cantik ini adalah upaya peningkatan literasi statistik dan kapasitas aparat desa terkait statistik,” jelas Erlina.

Program Desa Cantik ini melibatkan beberapa perangkat desa terkait dan mitra pembangunan. Dengan kolaborasi data yang dimiliki untuk dikompilasi dalam portal Desa Cantik.

Diantaranya seperti Data Kependudukan, Data Stunting, Pendataan SDGS, Posyandu dan lain sebagainya.

Sementara, pemerintah desa sebagai pengampu sektor akan memperkaya informasi dengan data tentang desa yang dibantu oleh mitra pembangunan pemerintah.

Program Desa Cantik juga menjadi sarana meningkatkan kapasitas desa dalam mengidentifikasi kebutuhan data dan potensi yang dimiliki desa. Program Desa Cantik ini sekaligus mendukung Satu Data Indonesia di level desa/kelurahan.

Penulis : Purwanto Modin Angkatan 2016