Secarak Serentak Se-Indonesia PPS Sitirejo Melantik Petugas Pemutaakhiran Data Pemilih (PANTARLIH) Untuk Pemilu 2024

  • Feb 13, 2023
  • Sitirejo Tambakromo
  • BERITA, PEMILU

sitirejo-tambakromo.desa.id - PPS Sitirejo Kecamatan Tambakromo melantik sebanyak 8 petugas Pemutakhiran Data Pemilihan (Pantarlih) di Gedung Serba Guba Desa Sitirejo, Minggu (12/2/2023).

Dalam sambutannya ketua PPS Sitirejo Purwanto mengatakan, hari ini 8 Pantarlih untuk 8 TPS yang ada di Desa Sitirejo Berbarengan di lantik secara serentak dengan PPS lainnya di kecamatan Tambakromo.

“Pantarlih akan menemui calon pemilih dari rumah kerumah untuk mencocokkan data pemilih yang ada dalam daftar pemilih dengan dokumen kependudukan yang dimiliki calon Pemilih baik itu KTP Elelktronik ataupun Kartu Keluarga,” jelasnya.

KPU melalui PPS merekrut anggota Pantarlih sebanyak 1 orang di setiap TPS di wilayah masing-masing. Di mana, anggota Pantarlih Pemilu 2024 direkrut sebagai perangkat penting dalam Pemilu serentak pada 14 Februari 2024 dan anggota Pantarlih nantinya akan bekerja di lingkungan TPS.

“Masa kerja anggota Pantarlih dimulai pada 12 Februari 2023 hingga 16 Maret 2023 atau 31 hari. Masa kerja Pantarlih Pemilu 2024 memang terbilang singkat yakni kurang 1 bulan, namun dalam kontrak kerja pantarlih adalah mulai tanggal 12 Februari sampai dengan 11 April 2023 itu adalah sesuai Surat Keputusan yang ditetapkan oleh PPS atas nama KPU,” terangnya.

Sambutan Ketua PPS Sitirejo (Purwanto)
Sambutan Kepala Desa Sitirejo (Darsono)

Lebih lanjut, Purwanto mengatakan bahwa Pantarlih merupakan salah satu perangkat penting untuk menyukseskan pemilihan umum 2024 mendatang. Pantarlih Pemilu 2024 dibentuk untuk membantu KPU kabupaten / kota, PPK, dan PPS dalam penyusunan daftar pemilih.

Ketua PPS (Purwanto) juga mengatakan setelah 8 Pantarlih dilantik nantinya akan mengikuti bimbingan teknis (Bintek) cara mengoperasikan Aplikasi e-coklit dari KPU RI untuk mendukung kinerjanya nanti saat melaksanakan tugas di lapangan, yang kemudian diadakan Apel kesiapan Pantarlih untuk melaksanakan coklit secara serentak minimal 5 rumah warga Sitirejo pada hari itu juga.

Pembukaan Bintek dipimpin oleh Sekretaris PPS (Sumarlan, SE.)
Apel Kesiapan Pantarlih melaksanakan coklit serentak di 8 TPS Sitirejo

“PPS Sitirejo Melantik 8 Pantarlih yang nantinya akan melakukan penyusunan daftar Pemilih dan pemutakhiran data Pemilih,” tegasnya.

Kemudian, melaksanakan pencocokan dan penelitian data pemilih serta memberikan tanda bukti terdaftar kepada pemilih. Pantarlih harus door to door ke rumah warga dalam pencocokan data dengan sistem manual dan aplikasi e-coklit yang terbaru saat ini.

Pendampingan pendataan Pantarlih
Penempelan stiker tanda bukti sudah di coklit

Salam Sideka New Generation

Administrator : Purwanto