Monitoring dan Pendampingan Petuakhiran Data IDM 2024

  • Jun 13, 2024
  • Sitirejo Tambakromo
  • BERITA, POTENSI DESA, PEMERINTAHAN

sitirejo-tambakromo.desa.id - Demi percepatan Pemutaakhiran data IDM (Indek Desa Membangun) Tahun 2024, hari ini Kamis tanggal 13 Juni 2024, Desa Sitirejo Kecamatan Tambakromo di datangi tim dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DISPERMDES) Kabupaten Pati untuk menfasilitasi dalam supervisi dan Pendampingan Pemutaakhiran data IDM 2024.

Lalu apa sih IDM itu .?

Indeks Desa Membangun (IDM) merupakan indeks komposit yang dibentuk dari tiga indeks, yaitu Indeks Ketahanan Sosial (IKS), Indeks Ketahanan Ekonomi (IKE), dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan (IKL).

Tim dari DISPERMADES tersebut juga di dampingi oleh Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) karena Pendamping Desa adalah salah satu pilar yang sangat penting untuk pembangunan desa.

Dalam pendampingan tersebut, Ibu Ade dan Ibu Siti Mahmudah dari DISPERMADES sempat bertanya-tanya kenapa Desa Sitirejo yang di tahun ini akan di canangkan sebagai Desa Cantik dalam input IDM di tahun 2024 ini kok bisa terlambat tidak seperti tahun-tahun sebelumnya selalu tepat waktu yang telah ditentukan.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Pak Sumarlan (Sekdes) menyampaikan bahwa dalam penginputan data IDM ini. yang Pertama memang membutuhkan ketelitian dalam pengumpulkan data-data dari beberapa sumber. Yang Kedua selama ini dalam input data IDM ini tidak ada anggaran yang pasti untuk itu.

Sebenarnya dalam input IDM ini Desa Sitirejo sudah mencapai 100% itu artinya semua kuesioner yang sejumlah 2025 pertanyaan sudah terisi semua, namun setelah di di teliti dan di cek oleh Ibu Ade, masih ada beberapa penemuan data yang tidak sesuai, jadi masih perlu di perbaiki dan di teliti lagi.