Pemerintah Desa Sitirejo optimalkan pelayanan dengan "Desa Digital Tol Langit""

  • Nov 18, 2020
  • Sitirejo-Tambakromo

Tahukan Anda..???

Sitirejo, DESA.ID – Pengembangan desa digital dilakukan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat desa, melalui pemberdayaan masyarakat desa yang dapat memberikan manfaat ekonomi. Oleh karena itu, pemerintah terus meningkatkan percepatan akses dan pembangunan infrastruktur digital untuk melayani publik secara cepat dan efisien.

Oleh karena hal tersebut diatas, admin sempat berpikir..!! “Bahwa pemberdayaan harus disesuaikan dengan potensi SDM dan SDA desa, unsur kearifan lokal, karakteristik budaya masyarakatnya, serta memanfaatkan teknologi digital.”

[caption id="attachment_5472" align="aligncenter" width="1512"]Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan DESA DIGITAL TOL LANGIT.(Ilus/SID/PUR)[/caption]

Dalam angan admin “bahwa pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan informasi, seperti penyediaan jaringan, perangkat, aplikasi yang sesuai dengan karakteristik penduduk, termasuk pendampingan yang tepat bagi masyarakat desa, mutlak diperlukan dalam pembangunan desa digital. Dan kemudian admin namakan “Desa Digital Tol Langit.

“Upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur telekomunikasi dan informasi adalah dengan menyediakan kualitas layanan internet cepat bagi desa, melalui “Tol Langit”.

[caption id="attachment_5475" align="aligncenter" width="1512"]Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan DESA DIGITAL TOL LANGIT.(Ilus/SID/PUR)[/caption]

Untuk itu, pengembangan desa digital diharapkan dapat lebih optimal dengan adanya dukungan penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan informasi berupa “Tol Langit” ini.

“Dengan dibangunnya “Tol Langit” diharapkan dapat mewujudkan pemerataan layanan telekomunikasi dan informasi, guna mendukung pengembangan desa digital.”

[gallery columns="2" size="full" ids="5477,5476"]

Sebagaimana yang admin kutip dari Ketua Umum Yayasan Dewa Dewi Dedi Heidy M Hidayat pernah menyampaikan bahwa “Tol Langit” dalam fungsi dan perannya membantu dunia pendidikan di Indonesia terutama dimasa pandemi dan masa depan pendidikan era digital, “Tol Langit” hadir membentuk sinergi antar sekolah, pesantren, guru, murid, santri dan orang tua dalam satu wadah pendidikan online berbasis virtual reality (VR).

“Tol Langit” berfungsi sebagai media komunikasi sharing knowledge dan yang paling penting adalah sebagai media Balai Latihan Kerja (BLK) yang akan membantu para murid dan santri lulus sekolah siap bekerja.”

[caption id="attachment_5474" align="aligncenter" width="1512"]Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan DESA DIGITAL TOL LANGIT.(Ilus/SID/PUR)[/caption]

Sementara pada saat ini pemerintah Kabupaten Pati telah menyelenggarakan Kompetisi Inovasi Tekhnologi Informasi bagi Aparat Desa di Wilayah Kabupaten Pati, dengan tujuan untuk mendorong kinerja aparatur desa di Wilayah Kabupaten Pati.


Salam SIDEKA Platform Tata Kelola Desa

Copyrigh : DESA.ID_Sitirejo