PELAYANAN SURAT

LEGALISIR

Syarat – Syarat Pengurusan Legalisir :
1) Menunjukkan Dokumen Asli yang dilegalisir

SURAT IZIN USAHA MIKRO KECIL (IUMK)

Syarat- Syarat Pengurusan Surat Izin Usaha Mikro Kecil :

  • Fotocopy KTP yang masih Berlaku = 1 lembar
  • Fotocopy Kartu Keluarga  = 1 lembar
  • Rekomendasi dari Kelurahan/Desa Tempat Usaha Asli = 1 lembar
  • Pengantar dari RT Tempat Berdirinya Usaha Asli = 1 lembar
  • Pas Photo warna ukuran 4×6 = 2 lembar

SURAT IZIN REKLAME

Syarat – Syarat Pengurusan Surat Izin Reklame :

  • Permohonan diatas kertas bermaterai Rp. 6000,-
  • Rekomendasi dari Kelurahan / Desa yang bersangkutan
  • Foto Copy KTP yang masih berlaku
  • Foto Copy lunas Pajak Retribusi Daerah
  • Materai Rp. 6000 = 2 lembar
  • Pas Photo 3 x 4 = 2 lembar
  • Surat Izin pemilik tanah jika Reklame ditanah orang lain
  • Berita Acara Pemasangan Reklame (Trantib)

SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP)

Syarat- Syarat Pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan :

  • Fotocopy KTP yang masih Berlaku = 1 lembar
  • Fotocopy Bukti Pembayaran Pajak Retribusi Daerah (HO) = 1lembar
  • Fotocopy Bukti Pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) = 1 lembar
  • Rekomendasi dari Kelurahan/Desa Tempat berdirinya Usaha Asli = 1 lembar
  • Fotocopy Surat Tanah / Perjanjian Sewa-menyewa = 1 rangkap
  • Fotocopy Surat Rekomendasi / Surat Keterangan Kesehatan dari UPTD Kesehatan (untuk usaha Apotik, Praktek
  • Bidan/Dokter, Toko Makanan/Kue, Rumah makan, dsb) = 1 lembar
  • Fotocopy Akta Pendirian Bagi Koperasi (untuk koperasi yang bermodalkan Kurang dari atau sama dengan Rp. 200.000.000,-) = 1 rangkap
  • Pas Photo warna ukuran 3×4 = 2 lembar
  • Materai 6.000 = 2 lembar

SURAT IZIN TEMPAT USAHA ( SITU )

Syarat – Syarat Pengurusan Surat Izin Tempar Usaha :

  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) yang masih berlaku
  • Pajak Retribusi Daerah
  • Fotocopy Pajak Bumi bangunan ( PBB )
  • Rekomendasi dari Kelurhan/ Desa
  • Fotocopy Surat Tanah
  • Fotocopy Kepesertaan atau bukti pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan ( PT, CV )
  • Melaporkan Surat Rekomendasi/ Surat Keterangan dari Kesehatan ( Dokter, Usaha Jualan Makanan, Apotik )
  • Akta pendirian bagi PT, CV, yayasan, UD / Koperasi
  • Surat Penunjukan bagi Perusahaan Cabang / Perwakilan / akta Pendirian Cabang
  • Pas Foto ukuran 3 x 4 sebanyak 2 (dua) Lembar
  • Materai Rp. 6000,- 1 (satu) Lembar
  • Map 1 (satu) Pcs
  • Fotocopy izin HO

SURAT IZIN BERKANTOR ( SIB )

Syarat- Syarat Pengurusan surat izin Berkantor :

  • Fotocopy KTP yang Masih berlaku = 1 lembar
  • Fotocopy SKRD Retribusi HO tahun berjalan = 1 lembar (Perpanjangan)
  • Fotocopy Retribusi Sampah = 1 Lembar
  • Fotocopy Rekomendasi Lurah/ Kades = 1 lembar
  • Fotocopy Surat Tanah/Perjanjian sewa-menyewa = 1 rangkap
  • Fotocopy PBB tahun berjalan = 1 rangkap
  • Fotocopy Akta Pendirian dari Notaris = 1 rangkap
  • Fotocopy SK Kemenhum & HAM ( Perpanjangan )
  • Fotocopy akta Pendirian Cabang/Surat penunjukan Pimpinan Cabang = 1 rangkap/ Surat Kuasa
  • Fotocopy Surat rekomendasi/petunjuk teknis/keterangan instansi terkait
  • Fotocopy Bukti Kepesertaan/Bukti Pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan
  • FotoCopy IMB = 1 rangkap
  • Fotocopy Dokumen Amdal/UPL-UKL/SPPL
  • Map 1 Pcs
  • Materai Rp. 6000,- = 2 lembar

SURAT KETERANGAN AHLI WARIS

Syarat – Syarat Pengurusan Surat Keterangan Ahli waris :

  • Surat Keterangan Kematian Asli dari Kelurahan/ Desa
  • Surat Pernyataan Ahli Waris diatas materai yang diketahui minimal 2 orang saksi
  • Surat Keterangan Ahli Waris dari kelurahan/ Desa
  • Kartu Keluarga (KK) Asli yang meninggal dunia
  • Foto Copy KTP Ahli Waris= 1 Lembar
  • Foto Copy Surat Nikah = 1 Lembar

SURAT PINDAH KELUAR

Syarat – Syarat Pengurusan Surat Pindah Keluar :

  • Surat Keterangan Pindah dari Kelurahan/ Desa
  • Kartu Keluarga ( KK ) Asli Pemohon Pindah
  • Fotocopy Kartu Keluarga (KK) = 1 Lembar
  • Fotocopy KTP Kepala Keluarga= 1 Lembar

SURAT IZIN GANGGUAN ( HO )

Syarat – Syarat Pengurusan Surat Izin Gangguan :

  • Fotocopy KTP yang masih berlaku = 1 Lembar
  • Fotocopy Surat Setoran / SKRD Retribusi Ho tahun berjalan = 1 Lembar
  • Asli Rekomendasi Lurah/ Kades = 1 Lembar
  • Fotocopy Surat tanah/ perjanjian sewa-menyewa = 1 rangkap
  • Fotocopy PBB tahun berjalan = 1 rangkap
  • Fotocopy Retribusi sampah = 1 lembar
  • Fotocopy Surat Rekomendasi/ keterangan/ petunjuk teknis instansi terkait
  • Fotocopy akta Pendirian dari Notaris = 1 rangkap
  • Fotocopy akta Pendirian cabang/Surat Penunjukan Pimpinan cabang/Kuasa = 1 rangkap
  • Fotocopy Sk Dinas Koperasi = 1 rangkap
  • Fotocopy Izin Lokasi = 1 rangkap
  • Fotocopy IMB = 1 rangkap
  • Fotocopy Dokumen Amdal/UPL-UKL/SPPL
  • Fotocopy iuran Bulan terbaru/ kopian sertifikat BPJS Ketenagakerjaan
  • Pas Photo 3 x 4 = 2 lembar
  • Materai Rp. 6000,- = 2 Lembar
  • Map 1 Pcs

SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU (SKTM)

Syarat – Syarat Pengurusan Surat Keterangan Tidak Mampu :

  • Surat Keterangan tidak mampu dari kelurahan / Desa yang
  • Akan diketahui oleh Camat
  • Menunjukkan Kartu Keluarga (KK) asli
  • Photo Copy Kartu Keluarga (KK) = 1 Lembar
  • Photo Copy KTP yang masih berlaku = 1 Lembar

SURAT PERNYATAAN GANTI RUGI TANAH ( SPGRT )

Syarat – Syarat Pengurusan Surat Pernyataan Ganti Rugi Tanah :

  • Mengisi Formulir Surat Penyataan Ganti Kerugian
  • Mengisi Formulir Durat Pernyataan Tidak bersengketa Dari Pemilik Tanah
  • Mengisi Formulir Gambar/ Sket Lokasi Tanah
  • Melampirkan Berita Acara Hasil Pengecekan yang dilakukan oleh Perangkat Desa/ Kelurahan, RT, RW Setempat dan Saksi Sempadan
  • Melampirkan Surat keterangan Tentang Status Lahan dari UPTD kehutanan dan Perkebunan bagi Tanah untuk Perkebunan
  • Melampirkan Sket Lokasi Tanah secara Keseluruhan bagi Tanah Kaplingan
  • Melampirkan Fotocopy KTP Pembeli dan Penjual
  • Melampirkan Fotocopy KTP Saksi Sempadan
  • Melampirkan Fotocopy KTP Saksi keluarga Terdekat
  • Melampirkan Surat Penyataan Saksi Sempadan yang di Tanda Tangani Pemilik Lahan Apabila Terjadi Perubahan
  • Saksi sempadan yang diketahui Oleh Rt dan Rw Setempat
  • Melampirkan Surat Dasar Kepemilikan Tanah
  • Mengisi Formulir Ahli Waris bagi Tanah yang didapat dari Warisan ( 3 format )
  • Melampirkan Fotocopy KTP Ahli Waris
  • Melampirkan Formulir A5 dari Kelurhan/ Desa
  • Melampirkan Asli dan Fotocopy Kartu Keluarga Orangtua yang bersangkutan
  • Mengisi Formulir Hibah bagi Tanah yang didapat dari Hibah/ Pemberian
  • Melampirkan Fotocopy Surat Tanah Pemberi Hibah
  • Melampirkan Fotocopy KTP Penerima dan Pemberi Hibah
  • Melampirkan FotoCopy KTP Saksi dalam Hibah/ Pemberian
  • Melampirkan Foto Copy Bukti Pembayaran PBB 1 (satu) Lembar
  • Melampirkan surat Keterangan Hilang dari Kepolisian jika terjadi Kehilangan Surat Tanah
  • Melampirkan Surat Kuasa dari Pemilik Tanah Kepada yang dikuasakan untuk Mengurus segala sesuatunya yang diketahui oleh Lurah/ Desa.

REKOMENDASI YAYASAN/ ORGANISASI

Syarat – Syarat Pengurusan Rekomendasi Yayasan/ Organisasi :

  • Foto Copy KTP Ketua, Sekretaris dan Bendahara
  • Akte Pendirian Notaris
  • Susunan Pengurus
  • Surat Keterangan Berdomisili dari Kelurahan / Desa
  • Permohonan Rekomendasi yang ditujukan Kepada Camat

SALAM SIDEKA (Platform Tata Kelola Desa