Upacara Apel Pagi Kecamatan Tambakromo

  • Sep 19, 2022
  • Sitirejo Tambakromo
  • BERITA, PEMERINTAHAN

Upacara bendera merupakan salah satu kegiatan penting yang sering dilakukan di sekolah maupun di pemerintahan. Umumnya, upacara bendera dilaksanakan pada hari Senin dan hari-hari tertentu, seperti peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Meskipun sudah sering dilakukan, namun tidak sedikit pelajar ataupun pegawai yang belum mengerti tujuan upacara bendera itu sendiri.

Menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah, upacara bendera di sekolah merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang mencakup nilai-nilai penanaman sikap disiplin, kerja sama, rasa percaya diri, dan tanggung jawab. Dengan begitu, hal ini dapat mendorong lahirnya sikap dan kesadaran berbangsa dan bernegara serta cinta tanah air di kalangan peserta didik

Salah satu poin penting tujuan upacara bendera ialah menumbuhkan rasa nasionalisme anak bangsa. Nasionalisme merupakan jiwa bangsa Indonesia yang harus melekat selama negara ini masih berdiri. Oleh karena itu, upacara bendera menjadi salah satu kegiatan penting untuk membentuk karakter bangsa.
Lantas, apa saja tujuan upacara bendera? Simak ulasannya yang dilansir dari situs web Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berikut ini

  1. Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
  2. Membiasakan bersikap tertib dan disiplin
  3. Meningkatkan kemampuan memimpin
  4. Membiasakan kekompakan dan kerjasama
  5. Menumbuhkan rasa tanggung jawab
  6. Mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air

Dengan berpegang dan berpedoman hal tersebut diatas, hari ini Senin 19 September 2022 Pemerintah Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati melaksanakan kegiatan upacara bendera di halaman Kecamatan.

Dan upacara bendera dan apel pagi hari senin ini diikuti oleh semua pegawai yang berlokasi di Kecamatan Tambakromo, yakni Pegawai Pemerintahan kecamatan itu sendiri, Pendamping PKH, Pendamping Desa dan pegawai Keamanan Kecamatan.


Salam Sideka New Generation

Admin : Purwanto