Sarana untuk meningkatkan daya pikir, Warga Desa Sitirejo melaksanakan sholat Gerhana Rembulan

  • Nov 08, 2022
  • Sitirejo Tambakromo
  • BERITA, RELIGI

sitirejo-tambakromo.desa.id - Pada Selasa, 08 November 2022 warga sitirejo berbondong-bondong menghadiri sholat gerhana berjamaah di masjid Nurul Huda. Menurut berita yang beredar di media seperti yang admin kutib dari informasi BMKG misalnya, bahwa fenomeno gerhana bulan total terjadi mulai sejak pukul 15.00.38 WIB, dan berakhir pada pukul 20.57.43 WIB.

Gerhana bulan total hendaknya tidak dimaknai sebagai peristiwa biasa, melainkan sebuah sarana untuk meningkatkan daya pikir yang ujungnya adalah menyadari kelemahan manusia. Ujungnya adalah bagaimana manusia tetap menjaga sikap rendah hati dan terus berupaya menjadi hamba yang gemar bersyukur, tidak sombong, peduli dengan sesama dan alam raya.

Jamaah dengan serius mendengarkan arahan tata cara sebelum melaksanakan sholat. Masjid Nurul Huda 8 November 2022
Jamaah sholat gerhana rembulan dengan khusuk mengikuti gerakan dari imam, Masjid Nurul Huda 8 November 2022

Dengan berlandasan dan berpedoman dengan hal tersebut diatas, masyarkat mulai dari anak-anak, dewasa, orang tua, laki-laki dan perempuan bersama-sama datang menjadi satu di masjid Nurul Huda Desa Sitirejo melaksanakan sholat gerhana berjamaah.

Sebelum sholat dimulai salah satu tokoh memberikan tata cara sholat, dengan detail beliau menyampaikan bahwa tata cara sholat gerhana ini tidak ubahnya seperti sholat-sholat sunah yang lain, namun ada sedikit perbedaan yaitu setelah membaca surat al-fatihah dan surat-surat dan ruku' sebanyak dua kali yang dilaksanakan sebelum sujud.

Bilal mengumandangkan / seruan bahwa khutbah akan segera di bacakan oleh khotib. Masjid Nurul Huda 8 November 2022
Khotib membacakan khutbahnya. Masjid Nurul Huda 8 November 2022
Tampak jamaah dari yang anak-anak, dewasa dan orang tua mendengarkan khutbah sholat gerhana rembulan. Masjid Nurul Huda 8 November 2022

Setelah sholat selesai imam lalu berdiri untuk menyampaikan khutbahnya dengan diiringi lantunan bilal memberikan isyarat bahwa khutbah yang akan dibacakan adalah tentang gerhana.

Dalam khutbahnya khotib menyampaikan bahwa gerhana yang terjadi entah itu gerhana matahari atau gerhana rembulan adalah sebagian dari ayat-ayat / tanda Kebesaran Alloh Yang Maha Kuasa Menciptakan semua yang terjadi pada alam raya ini.

Lebih lanjut Khotib juga menyampaikan sebuah hadits Rosululloh yang intinya dengan adanya kejadian gerhana tersebut, Rosululloh menganjurkan untuk :

  1. Melaksanakan Sholat Gerhana;
  2. Untuk segera berdzikir / mengingat Alloh;
  3. Berdo'a meminta kepada Alloh;
  4. Memperbanyak Istighfar / meminta ampunan kepada Alloh dan
  5. Memperbanyak bersedekah

Dengan singkat khotib menyampaikan khutbahnya hanya sekitar 10 menit yang dengan khusuk jamaah mendengarkan sampai selesai.

Salam Sideka New-Generation

Kontributor : Modin Purwanto