Persiapan Pengajian Dalam Rangka Sedekah Bumi Desa Sitirejo

  • May 28, 2023
  • Sitirejo Tambakromo
  • BERITA, LINGKUNGAN, KARANG TARUNA, KEAGAMAAN

Manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang ditakdirkan untuk patuh pada peraturan alam dan terikat pada interaksi alam dan lingkungan sosial budayanya dimanapun manusia tersebut berada.

Sehingga tidak dapat dipungkiri jika dalam kehidupan manusia terdapat lingkaran kehidupan yang saling keterkaitan antara manusia dengan alam atau lingkungan dimana manusia tersebut berada.

Lingkungan digambarkan sebagai media yang digunakan manusia untuk bertahan hidup. Manusia mencari penghidupannya di lingkungan yang telah disediakan oleh Allah SWT, lingkungan atau yang dapat disebut dengan alam tempat manusia hidup mempunyai kekhasan tersendiri, yaitu mempunyai fungsi kompleks dan rill untuk manusia

Selain manusia memanfaatkan fasilitas (alam) yang telah Allah SWT berikan, maka hendaklah manusia memberikan timbal balik atas apa yang diperolehnya berupa tindakan positif terhadap alam dan lingkungan sebagai tempat manusia mencari penghidupan.

Perlakuan atau tindakan yang dilakukan manusia berbeda-beda karena pada hakikatnya apa yang menjadi jalan pikiran manusia yang telah melahirkan budaya manusia itu sendiri juga berbeda-beda.

Manusia dapat melakukan sebuah tindakan sebagai wujud dari balas budi atau timbal balik yang positif pada lingkungan (alam) tempat manusia mencari penghidupan. Sebagaimana yang menjadi konsep budaya manusia yang terdiri dari gagasan, aktivitas, tindakan, dan juga wujud (sebagai benda) Manusia mengaktualisasikan rasa syukurnya melalui gagasan yang kemudian diwujudkan dalam bentuk tindakan atau aktivitas.

Hal ini yang menjadi dasar masyarakat Sitirejo, Tambakromo mengaktualisasikan rasa syukurnya atas semua yang diberikan atau dikaruniakan Allah SWT melalui sebuah budaya sebagai cipta karya masyarakat sendiri, yaitu melaksanakan sedekah bumi.

Salah satu dari perayaan sedekah bumi di Desa Sitirejo adalah mengadakan pengajian, berbagai persiapan yang dilakukan oleh Pemdes Sitirejo bersama Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat untuk mewujudkan acara pengajian sedekah bumi tersebut, mulai dari rapat pembentukan panitia.

Dan untuk menambah kegayengan dan kesuksesan acara pengajian sedekah bumi, anak-anak muda yang terorganisasi dalam satu wadah Karang Taruna "Eka Bhakti", memasang umbul-umbul (Minggu, 28 Mei 2023).

Salam Sideka New Generation

Administrator & Editor : Purwanto