Pentingnya Website Untuk Kemajuan Desa

  • Sep 08, 2022
  • Sitirejo Tambakromo
  • BERITA, POTENSI DESA, PEMERINTAHAN, PROFIL DESA, PELAYANAN

SITIREJO TAMBAKROMO - Di zaman yang serba digital dan modern seperti saat ini sebuah website desa memang sangat diperlukan. Hal tersebut disebabkan karena pemerintah desa kini dituntut untuk dapat menyebarkan informasi lebih cepat. Salah satu cara agar dapat menyebarkan informasi lebih cepat adalah melalui internet.

Apa Itu Website Desa ?

Website untuk desa merupakan representasi pemerintah desa di dunia digital, khususnya internet. Seperti yang diketahui, bahwa di zaman serba digital seperti ini, teknologi internet perlu dimanfaatkan sebaik mungkin.

Tersedianya website untuk desa dapat mendorong masyarakat desa untuk terus berinovasi dalam berbagai bidang, sehingga nantinya akan berdampak baik dari sisi ekonomi ataupun dari sisi pemberdayaan masyarakat.

Peran Penting Website Desa Bagi Warga Desa

Setidaknya ada empat peran penting website untuk desa bagi warga desa, diantaranya sebagai berikut.

  • Pusat Informasi Lokal

Di zaman modern seperti saat ini, kebutuhan terhadap informasi desa bukan hanya diperoleh dari media cetak ataupun media elektronik seperti televisi dan radio. Namun, kedua jenis media tersebut memiliki keterbatasan sehingga informasi yang disebarkan melalui media cetak ataupun elektronik itu tidak bisa tepat sasaran.

Oleh sebab itu, diperlukan sebuah website untuk desa yang dapat memuat segala jenis informasi lokal, sehingga dapat dikatakan sebagai sumber informasi lokal daerah atau desa tersebut.

Dalam sebuah website untuk desa tersebut, berbagai informasi lokal yang berkaitan dengan desa tersebut dapat dimasukkan, sehingga warga pun dapat menjangkau dan mengetahui informasi tersebut kapan saja.

  • Koordinasi Keamanan Desa

Website untuk desa juga dapat berperan sebagai media koordinasi keamanan desa, apalagi saat ini semakin banyak berita bohong atau hoaks yang perkembangannya sangat pesat.

Hoaks dapat berakibat fatal dalam sebuah masyarakat, disitulah website untuk desa dapat menunjukkan perannya sebagai sumber pemberi informasi paling akurat dan terpercaya.

  • Media Silaturahmi Perangkat Desa dengan Warga

Website untuk desa juga dapat berperan sebagai media silaturahmi yang dilakukan oleh perangkat desa dengan warganya.

Tersedianya website untuk desa memang harus dimanfaatkan untuk lebih menghubungkan perangkat desa dengan warga yang ada di desa tersebut.

  • Alat untuk Meningkatkan SDM Desa

Peran website untuk desa lainnya adalah untuk alat meningkatkan SDM desa. Dalam hal ini, maksudnya adalah dengan adanya website desa, maka dapat pula dimanfaatkan untuk menyediakan fitur yang sesuai dengan karakteristik warga desa tersebut.

Misalnya, website tersebut dilengkapi dengan berbagai video yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan SDM desa contohnya seperti video yang terkait dengan pertanian, peternakan dan lain sebagainya.

Tersedianya website untuk desa akan dapat membantu masyarakat desa agar lebih tergerak untuk semakin semangat mempelajari IT dan internet dengan cara yang benar yang sesuai dengan batasannya. Cara seperti itu secara tidak langsung diharapkan dapat berkembang lebih maju dan sejahtera.

Website Desa & Manfaat-Manfaatnya

Selain memiliki empat peran penting bagi warga desa, sebuah website desa juga memiliki manfaat yang sangat berpengaruh pada warga desa. Manfaat-manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Media Promosi dan Pengembangan Desa

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari puluhan ribu pulau. Hal tersebut membuat pembangunan di Indonesia masih belum merata, masih banyak daerah di Indonesia yang sangat minim pembangunan, permasalahan tersebut tentunya membutuhkan solusi terbaik agar pemerintah dapat mengatasinya.

Selain disebabkan pembangunan yang kurang tepat mengenai sasarannya, faktor penyebab lainnya juga karena kurangnya informasi yang berkaitan dengan situasi dan kondisi sebuah desa. Oleh sebab itu, dengan adanya website untuk desa setidaknya akan membantu promosi dan pengembangan desa itu sendiri.

Bukan hanya itu saja, dengan adanya website desa, pemerintah desa dapat lebih mudah meningkatkan potensi daya tarik desa tersebut terhadap masyarakat dari luar daerah tersebut. Contohnya, seperti potensi minat masyarakat luar terhadap kekayaan budaya ataupun potensi wisata alam yang ada dalam desa tersebut.

  • Media Publikasi Kegiatan Desa

Manfaat lain dari sebuah website untuk desa adalah agar warga desa dapat mengetahui berbagai kemajuan pembangunan yang sedang dan yang telah berhasil dilakukan oleh pemerintah desa.

Selain itu, warga desa juga perlu untuk mengetahui berbagai kegiatan yang akan, sedang dan yang telah dilakukan oleh perangkat desa yang bertindak sebagai pemerintah desa.

  • Meningkatkan Pelayanan yang Dilakukan oleh Pemerintah Desa

Sebuah website desa juga dapat membantu meningkatkan pelayanan pemerintah desa. Hal tersebut disebabkan karena pemerintah desa akan lebih jelas dalam memberikan beragam informasi yang berkaitan dengan layanan yang dilakukan oleh perangkat desa.

Bukan hanya itu saja, sebab dengan adanya website untuk desa, maka pemerintah desa juga dapat membuka layanan masyarakat secara online. Hal seperti itu sudah pasti akan lebih mempermudah warga desa mendapatkan pelayanan terbaik dari pemerintah desa.

Seperti diketahui, pelayanan publik merupakan salah satu fungsi yang wajib dilakukan oleh sebuah pemerintahan negara, termasuk pemerintah desa. Ada berbagai macam layanan publik yang bisa disediakan dalam website untuk desa, diantaranya seperti berikut ini.

  • Layanan administrasi yang meliputi pengelolaan data dan dokumen;

  • Layanan pengaduan masyarakat yang meliputi kolom formulir online;

  • Layanan pengaduan melalui SMS dan media komunitas;

  • Layanan pengelolaan informasi;

  • Layanan penyuluhan masyarakat.

Sebuah website untuk desa, dirancang dan dibuat dengan tujuan untuk melayani publik dan dikelola oleh sebuah tim yang berasal dari perangkat desa setempat. Tersedianya website untuk desa diharapkan dapat membuat layanan publik terhadap warga desa dapat dilakukan secara lebih mudah dan cepat.

  • Alat Komunikasi Dua Arah

Meskipun di desa yang umumnya memiliki wilayah cukup kecil, namun masih saja terdapat kendala komunikasi antara warga dengan pemerintahan desa. Hal seperti itu biasanya disebabkan karena warga sulit mengajukan keluhan yang mereka rasakan terkait dengan kinerja pemerintah desa.

Oleh sebab itu, dengan adanya website desa diharapkan lebih mudah menampung aspirasi dan keluhan warga desa setempat. Website untuk desa dapat dijadikan sebagai alat komunikasi dua arah yang semakin mampu mendekatkan pemerintah dengan warganya.

  • Sumber Data yang Lengkap

Manfaat website untuk desa lainnya yang perlu diketahui adalah menjadi sumber data yang lengkap. Data desa tersebut diperlukan untuk berbagai macam kebutuhan warga setempat. Tersedianya website untuk desa tentunya akan semakin memudahkan warga jika mereka membutuhkan data desa tersebut sewaktu-waktu jika dibutuhkan.

Demikian informasi yang dapat kami Cuplik dan kami kutip dari laman Website Desa. Semoga bermanfaat.


Salam Sideka New Generation Platform Tata Kelola Desa

Administrator : Purwanto