Pengelolaan sampah yang tidak diperhatikan melalui pembangunan drainase

  • Jun 11, 2021
  • Sitirejo-Tambakromo

Permasalahan

Identifikasi terhadap masalah-masalah drainase di perdesaan sangat penting untuk dilakukan demi menemukan solusi yang tepat. Identifikasi masalah-masalah drainase di perdesaan juga diperlukan untuk perencanaan drainase di kawasan perdesaan di masa depan supaya dapat dibuat dengan lebih baik. Berikut ini permasalahan yang kerap dihadapi sistem drainase di perdesaan.

  • Bertambahnya jumlah penduduk

Tahun demi tahun pertambahan jumlah penduduk di Desa Sitirejo sangat cepat meningkat. Jumlah penduduk yang bertambah pasti diikuti pula dengan meningkatnya jumlah limbah, baik berupa sampah maupun limbah cair. Jika tidak disertai dengan penambahan drainase, maka tentunya ketidaknyamanan akan dirasakan.

  • Pengelolaan sampah yang tidak diperhatikan

Pengelolaan sampah harus mendapatkan perhatian yang lebih banyak seiring bertambahnya jumlah penduduk. Sebab sampah berperan besar terhadap pendangkalan dan penyempitan saluran drainase dan juga sungai. Pendangkalan dan penyempitan menyebabkan saluran drainase tak mampu menampung debit air sehingga muncul genangan atau bahkan banjir.

  • Tanah ambles

Pengambilan air tanah yang berlebihan bisa memicu amblesnya tanah.

  • Kurangnya koordinasi dan sinkronisasi dengan infrastruktur yang lain

Salah satu contoh kurangnya koordinasi dan sinkronisasi yang dimaksudkan adalah sering ditemukannya tiang listrik di tengah saluran drainase. Contoh lainnya, keberadaan pipa air pembuangan air rumah tangga yang memotong saluran penampang basah, atau penggalian saluran drainase yang kemudian merusak prasarana yang telah ada sebelumnya karena minimnya informasi.

  • Tingkat kesadaran masyarakat yang rendah

Kesadaran masyarakat masih terbilang begitu rendah tentang permasalahan-permasalahan yang dihadapi sebuah kawasan perdesaan. Misalnya saja mengenai pengelolaan limbah rumah tangga.

[caption id="attachment_7420" align="alignnone" width="1040"]Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan Pemerintah Desa Sitirejo khususnya di wilayah Dukuh Candi RT 09 RW 02 dalam mengatasi permasalahan penggenangan air limbah rumah tangga dengan melaksanakan pembangunan drainase.(11/06)[/caption]

Solusi

Permasalahan-permasalahan drainase di perdesaan tak boleh dibiarkan begitu saja. Sebab permasalahan tersebut akan menimbulkan ketidaknyamanan dan bahkan gangguan kesehatan. Dan memperbaiki atau membangun drainase di kawasan perdesaan merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah drainase di kawasan perdesaan.

Namun Sunarto selaku Kadus yang membawahi di Dukuh Candi juga memberi peringatan kepada warga sekitar, "pembangunan drainase ini bukan satu-satunya solusi untuk mengatasi masalah drainase di kawasan Dukuh Candi." Ada beberapa solusi untuk menangani masalah drainase di perdesaan yang wajib dilakukan. Lanjut Kadus Sunarto.(11/06/2021-SID-PUR).

  • Memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar menyadari pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Saluran drainase dan sungai bukanlah tempat untuk membuang sampah.
  • Pemberian sanksi yang tegas terhadap mereka yang membuang sampah sembarangan, termasuk di sungai dan drainase.
  • Membangun bak kontrol dan saringan supaya sampah di drainase bisa dibuang dengan cepat.
  • Memperbaiki konservasi alam.
  • Mengatur limpasan melalui fasilitas-fasilitas yang bisa menahan air hujan, menyimpan air hujan dan membuat resapan air.

Salam Sideka Platform Tata Kelola Desa Administrator : Purwanto