Pelantikan KPPS dan Pembekalan Serta Bimtek Tungsura Pada Pemilu 2019

  • Apr 05, 2019
  • Sitirejo-Tambakromo

Pada tanggal 05 April 2019 , pada hari Sabtu , pukul : 13.00 WIB. Melantik Ketua dan anggota KPPS sekaligus Pembekalan Pemungutan dan Penghitungan Suara pada Pemilihan Umum tahun 2019. Acara ini dihadiri oleh Bapak Kepala Desa , Ketua PPK Kecamatan, Ketua PPS  beserta anggotanya, Panwas Desa, serta seluruh ketua KPPS dan seluruh anggotanya.

[caption id="attachment_828" align="aligncenter" width="780"]Persiapan Tengah Bapak Kepala Desa Sitirejo (Bapak DARSONO), Kiri Panwascam, Kanan Bapak Ketua PPS (SUMARLAN, SE.)[/caption] Untuk susunan acaranya yaitu :
  1. Pembukaan
  2. Menyanyikan lagu Indonesia Raya
  3. Pembacaan Surat Keputusan PPS Desa Sitirejo
  4. Pelantikan Anggota KPPS
  5. Sambutan Ketua PPS Desa Sitirejo
  6. Sambutan Kepala Desa Sitirejo
  7. Sambutan Pengarahan Ketua PPK Kecamatan Tambakromo
  8. Menyanyikan Lagu Padamu Negeri
  9. Doa
  10. Penutup
  11. Pembekalan Oleh Ketua PPS (SUMARLAN, SE.)
[caption id="attachment_831" align="aligncenter" width="1040"]Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Ketua KPPS Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Ketua KPPS[/caption] Pada kesempatan ini sebagai pelantik adalah bapak Sumarlan, SE. Selaku Ketua PPS Desa sitirejo. [caption id="attachment_829" align="aligncenter" width="780"]Pembukaan Pembukaan Oleh Anggota PPS (Rika Apriani)[/caption] Sebelum acara dimulai dibuka dengan bacaan Basmallah, dilanjutkan Menyanyikan  lagu Indonesia Raya, kemudian Pembacaan Surat Keputusan PPS Desa Sitirejo. Untuk acara selanjutnya Pelantikan anggota KPPS mengambil sumpah / janji dan menandatangani Berita Acara sesuai urutan satu persatu dimulai dari TPS 1 sampai TPS 8. Kemudian dilanjutkan sambutan Ketua PPS Menyampaikan : Setelah dilantik menjadi ketua dan anggota KPPS harus netralitas karena sudah diambil sumpah / janji jabatan, karena mempunyai tugas yang sangat berat. Sukses dan tidaknya berhasil dan tidaknya tergantung pada tangan tangan ketua dan anggota KPPS, karena kalau ada yang memihak kepada salah satu calon atau merangkap sebagai Tim Sukses dan ketahuan maka pemungutan suara harus diulang. Selanjutnya sambutan dari Bapak Kepala Desa Sitirejo : Bagian terpenting dari proses demokrasi ini bagian yang tidak terpisahkan . Anggota KPPS merupakan ujung tombak dari Pesta Demokrasi ini, harus benar benar netral dan adil,semoga PEMILU ini bisa berjalan lancar , jangan memikirkan Profit oriented, ketika kita bisa masuk kedalam pesta demokrasi ini harus bisa menjalankan tugas negara bekerja sebaik mungkin , sebuah kelompok harus kompak, jaga kondisi supaya badan sehat dalam menjalankan PEMILU tahun 2019, Kemudian dilanjutkan dengan Sambutan dari Ketua PPK Kecamatan Tambakromo menyampaikan : Selamat atas Pelantikan anggota KPPS Desa Sitirejo , untuk anggota KPPS harus menjalankan sesuai petunjuk buku pedoman yang nanti akan diberikan masing masing sesuai TPS. kita harus menjaga kesehatan supaya dalam menjalankan tugas bisa lancar dan tetap semangat berpikir positif. [caption id="attachment_830" align="aligncenter" width="1040"]Menyanyikan Lagu Indonesia Raya Menyanyikan Lagu Indoesia Raya[/caption] untuk acara selanjutnya menyanyikan lagu Padamu Negeri, kemudian dilanjutkan dengan Doa dan Penutup. dilanjutkan acara pembekalan yang disampaikan oleh anggota PPS menyampaikan hati hati dalam memasukkan surat suara kedalam kotak suara karena disitu ada 5 surat  suara yang berbeda warnanya yaitu :
  1. warna Abu abu untuk surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden terdiri atas surat suara pasangan Calon untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.
  2. Warna Kuning surat suara Pemilu untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat ( DPR RI ) sesuai dengan jumlah Daerah pemilihan Anggota DPR.
  3. Warna Merah surat suara Pemilu untuk memilih Anggota Dewan Perwakilan Daerah ( DPD RI ) terdiri atas surat suara untuk Pemilu Anggota DPD .
  4. Warna Biru surat suara Pemilu untuk memilih Anggota Dewan  Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi ( DPRD Provinsi ) sesuai dengan jumlah daerah pemilih anggota DPRD Provinsi.
  5. Warna Hijau surat suara Pemilu untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat  Daerah Kabupaten / Kota ( DPRD Kabupaten / Kota ).sesuai dengan jumlah daerah pemilih anggota DPRD Kabupaten / Kota.
Dan masih banyak penjelasan penjelasan yang disampaikan. Semoga PEMILU 2019 SUKSES DAN LANCAR Penulis mohon maaf apabila dalam penulisan ini kurang berkenan didalam hati pembaca.