Kelas Ibu Hamil Bulan November 2022

  • Nov 11, 2022
  • Sitirejo Tambakromo
  • BERITA, KESEHATAN

sitirejo-tambakromo.desa.id - Proses kehamilan bisa jadi momen yang membingungkan bagi sebagian perempuan, apalagi bagi yang baru pertama kali hamil. Untuk itu, Anda khususnya warga Sitirejo dapat mengikuti kelas ibu hamil sejak kandungan Anda berusia 4 minggu hingga 36 minggu (jelang persalinan).

Kelas ibu hamil ini dilaksanakan setiap tanggal 10 per-bulannya dan Alhamdulillah peserta kelas ibu hamil kali ini Kamis, 10 November 2022 lumayan banyak yang mengikutinya.

Peserta kelas ibu hamil Desa Sitirejo, 10 November 2022

Karena kebanyakan yang mengikuti kelas ibu hamil kali ini adalah ibu hamil yang baru pertama kali. Oleh sebab itu materi yang disampaikan oleh bidan desa adalah cara menjaga kehamilan tetap sehat hingga melahirkan nanti.

Seperti yang di katakan bidan desa (Ibu Wiwin), beliau mengatakan bahwa Kelas ibu hamil adalah kelompok belajar bagi para calon ibu tentang kesehatan bagi ibu hamil secara keseluruhan.

Tujuan kelas ibu hamil adalah mengedukasi ibu hamil agar dapat menjalani proses kehamilan dan persalinan lancar, serta melalui fase awal kehidupan bayi dengan bekal pengetahuan dasar.

Dengan rinci bidan desa menyampaikan materi seputar kehamilan dan kesehatan ibu dan bayi. DOK 10 November 2022
Dengan seksama dan penuh keseriusan peserta kelas ibu hamil mendengarkan materi yang disampaikan budan, DOK 10 November 2022

Lebih lanjut Wiwin menyampaikan hal yang tak kalah pentingnya yaitu tentang materi kelas ibu hamil secara garis besar, seperti di bawah ini :

  • Kehamilan, perubahan tubuh, dan keluhan yang menyertainya

Tidak sedikit wanita yang mengkhawatirkan kenaikan bobot tubuhnya selama kehamilan, ada juga ibu yang khawatir karena justru mengalami penurunan berat badan saat hamil.

  • Perawatan kehamilan

Perawatan kehamilan mencakup obat yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama masa kehamilan.

  • Persalinan

Yaitu mengajarkan untuk mengenali tanda-tanda persalinan maupun tanda bahaya persalinan. Juga akan memberikan opsi proses persalinan yang aman karena tidak semua ibu hamil aman melahirkan lewat persalinan normal (lewat vagina)

  • Perawatan pascapersalinan

Ibu hamil akan diajarkan cara menjaga kesehatan setelah melahirkan, selama menjalani masa nifas. Dan juga akan mengenalkan tentang tanda bahaya saat nifas maupun cara untuk tetap bisa menyusui secara eksklusif selama masa nifas.

  • Perawatan bayi baru lahir

Perawatan bayi baru lahir bisa mencakup banyak hal, mulai dari perawatan tali pusar hingga imunisasi yang dapat dilakukan pada bayi tersebut. Bidan juga menerangkan tanda bahaya pada bayi baru lahir yang harus diperhatikan oleh ibu.

Bidan desa juga menyampaikan apa manfaat kelas ibu hamil, seperti dibawah ini :

Manfaat Kelas Ibu Hamil

Berikut sejumlah manfaat yang bisa didapatkan ibu hamil jika mengikuti kelas prenatal:

  • Mendapatkan konsultasi lebih awal dan langsung dari ahlinya
  • Dapat mempelajari kehamilan lebih dini
  • Mendapatkan informasi lengkap seputar kehamilan, keamanan saat hamil, hingga proses menuju persalinan
  • Ruang untuk bersosialisasi dan berbagai pengalaman dengan sesama ibu hamil
  • Mendapatkan standar nutrisi kehamilan 
  • Tempat belajar senam hamil 

Selain itu, kelas prenatal pada dasarnya dilakukan untuk memberi skill dasar pada calon orang tua mengenai kehamilan yang sehat dan cara merawat bayi newborn yang benar.

Salam Sideka New Generation.

Sumber gambar dan materi : Bidan Desa (Wiwin)

Editor : Purwanto