Dengan bertenagakan pekerja yang berpengalaman, pengerjaan Drainase akan cepat selesai sesuai dengan waktu yang dijadwalkan

  • Jun 09, 2021
  • Sitirejo-Tambakromo

Begitu yang disampaikan Ketua TPK saat mengontrol material dan juga mengontrol para pekerja yang datang pada hari ini.

Kenapa tidak, dengan tenaga-tenaga pekerja yang sudah berpengalaman dibidangnya dan tentunya para pekerja yang bersemangat kerja yang akan mampu menyelesaikan pengerjaan drainase tyang berlokasikan di Dukuh Candi RT 09 RW 02 sesuai dengan waktu yang telah ditentukan sesuai RAB.

Dan lebih lanjut Ketua TPK Sunarto juga menjelaskan tujuan dan fungsi dari pembuatan drainase pada lokasi tersebut, karena kebetulan ketua TPK adalah warga dari Dukuh Candi sendiri dan itu artinya dia tahu betul permasalahan yang ada di wilayah tersebut.

Jika admin cocokan dengan berbagai sumber memang benar ada beberapa tujuan dari pembuatan drainase, yang diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Untuk meningkatkan kesehatan lingkungan pemukiman.
  2. Pengendalian kelebihan air permukaan dapat dilakukan secara aman, lancar dan efisien serta sejauh mungkin dapat mendukung kelestarian lingkungan.
  3. Dapat mengurangi genangan-genangan air yang menyebabkan bersarangnya nyamuk malaria dan penyakit-penyakit lain, seperti demam berdarah, disentri serta penyakit lain yang disebabkan kurang sehatnya lingkungan pemukiman.
  4. Untuk memperpanjang umur ekonomis sarana-sarana fisik antara lain : jalan, kawasan pemukiman, kawasan perdagangan dari kerusakan serta gangguan kegiatan akibat tidak berfungsinya sarana drainase.

Dan pembuatan Drainase juga tentunya pasti ada fungsinya yang diantaranya adalah:

  1. Mengeringkan bagian wilayah kota yang permukaan lahannya rendah dari genangan sehingga tidak menimbulkan dampak negatif berupa kerusakan infrastruktur kota dan harta benda milik masyarakat.
  2. Mengalirkan kelebihan air permukaan badan air terdekat secepatnya agar tidak membanjiri/ menggenangi kota yang dapat merusak selain harta benda masyarakat juga infrastruktur perkotaan.
  3. Mengendalikan sebagiaan air permukaan akibat hujan yang dapat dimanfaatkan untuk persediaan air dan kehidupan akuatik.
  4. Meresapkan air permukaan untuk menjaga kelestarian air tanah.

Bukan hanya itu, kurangnya kesadaran masyarakat yang masih rendah terhadap pentingnya kebersihan drainase juga merupakan penyebab terjadinya permasalahan pada sistem drainase perkotaan. Permasalahan drainase ini disebabkan oleh seringnya terjadi banjir pada saat hujan deras ditambah sampah yang menumpuk di dalam drainase yang mengakibatkan air tidak mengalir secara lancar dan menyebabkan banjir di kawasan tersebut.


Salam Sideka Platform Tata Kelola Desa Administrator : Purwanto