Satu lagi yang membuat Desa Sitirejo bangga, Malam Tirakatan diselenggaran oleh Karang Taruna Eka Bhakti

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Malam tirakatan sambut hari ulang tahun Republik Indonesia ke-76

SITIREJO-TAMBAKROMO.DESA.ID – Salah satu tradisi seputar peringatan hari kemerdekaan RI, adalah diselenggarakannya “Malam Tirakatan”. Sesuai dengan namanya, “tirakat” akan berlangsung dengan khidmat, disertai doa dan perenungan arti dari pengorbanan para pahlawan dan makna dari kemerdekaan Indonesia.

Acara tirakatan pada umumnya diselenggarakan tidak hanya dalam lingkup kantor birokrasi saja, namun juga di kampung-kampung, hingga di level RT/RW. Di sinilah kita dapat melihat realitas masyarakat, sejauh mana arti dan semangat kemerdekaan itu di hati rakyat.

Seperti yang diselenggarakan oleh pemuda-pemudi Karang Taruna Eka Bhakti Desa Sitirejo, bertempat dilapangan sepak bola yang baru saja diperbaiki kemarin selama 2 hari berturut hingga malam hari, (16/08/2021).

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Sambutan oleh pembina dan juga motivator karang taruna Eka Bhakti (Bpk. Jalmo)

Malam tirakatan kali ini terselenggara khidmat dengan beberapa susunan acara, yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan sesepuh karang taruna (Bpk. Jalmo).

Dalam sambutannya Bpk. Jalmo menyampaikan, “saya selaku yang dituakan di keorganisasian ini, saya sangat bangga sekali kepada adik-adik semua khususnya kepada ketua pemuda yang pernah menyampaikan visi misinya setelah rapat pembentukan pada 31 Juli kemarin, dan itu dibuktikan dengan berbagai kegiatan yang baru terselesaikan hari Minggu kemarin 15/08/2021, dan untuk selanjutnya saya akan selalu mendukung kalian selama kegiatan itu membuahkan sesuatu positif untuk perkembangan organisasi dan memajukan Desa kita tercinta,” Pungkas Bpk. Jalmo.

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Sambutan ketua karang taruna Eka Bhakti (Jumeno)

Setelah sambutan oleh sesepuh, kemudian dilanjutkan dengan sambutan ketua karang taruna (Jumeno) yang juga akrab dipanggil dengan kang Asep, beliau menyampaikan terimakasih dan terimaksih atas semangatnya dan dukungan rekan-rekan dan adik-adik untuk mensukseskan program-program yang telah disepakati bersama.

Hadir pula pada penyelenggaraan Tirakatan kali ini perangkat desa yang diwakili oleh mbah modin Purwanto sebagai wujud dukungan dari pemerintah desa dan sekaligus untuk membacakan do’a khusus tirakatan menyambut Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan

Do’a penutup acara penyelenggaraan tirakatan sudah selesai dibaca oleh mbah modin Purwanto, lalu dilanjutkan dengan acara tasyakuran telah dibentuknya karang taruna yang baru masa bakti 2021-2024, dan juga mensyukuri atas suksesnya program-program karang taruna.


Salam Sideka Paltform Tata Kelola Desa

Administrator : Purwanto

About Sitirejo-Tambakromo 361 Articles
Mewujudkan Transparansi, Mempromosikan, Membantu Menduniakan Desa