Walau dengan rasa berat para Ibu Hamil megikuti gerakan Senan khusus Ibu Hamil

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Senam ibu hamil

DESA.ID – SITIREJO Kegiatan kelas ibu hamil di Desa Sitirejo kembali laksanakan di ruangan Balai Desa Sitirejo (27/05) Kemarin yang dipandu oleh bidan Desa (Suhendri), banyak materi yang disampaikan oleh Suhendri mengenai dalam menjaga kesehatan si ibu hamil dan janin dalam kandungannya.

Selain materi juga sesekali dipraktekan seperti senam khusus ibu hamil Suhendri mengatakan, “pada saat kehamilan, mungkin bunda mempunyai sedikit banyak waktu luang untuk bisa berolahraga sejenak. Senam ibu hamil menjadi pilihan yang tepat untuk berolahraga. Dengan senam tersebut bunda akan merasakan tubuh menjadi lebih nyaman dari sebelumnya. Alangkah baiknya sebelum bunda rutin senam pada masa kehamilan untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter kandungan.” Tutur bidan Suhendri.

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Bidan Desa Suhendri memeberikan materi mengenai gerakan-gerakan senam khusus ibu hamil, sambil menunjukkan gambar gerakan-gerakannya dan sesekali mempraktekannya. (27/05)

Lebih lanjut Suhendri menjelaskan “karena biasanya terdapat pantangan berupa gerakan senam yang tidak boleh dilakukan pada masa kehamilan.” Lebih rinci Suhendri membacakan sambil mempraktekan gerakan-gerakannya dan diikuti peserta, Senam bisa dilakukan dirumah dan menggunakan gerakan-gerakan ringan. Berolahraga saat kehamilan juga penting dilakukan, selain untuk menjaga kesehatan tubuh bunda juga membuat calon buah hati didalamnya menjadi aktif. Setidaknya ada 9 gerakan yang perlu diketui sebagai berikut :

1. Berdiri dan Bersandar Pada Tembok

Gerakan ini bisa bunda lakukan dengan meletakkan lengan disamping tubuh dan menempel pada tembok. Selanjutnya angkat kedua lengan bunda namun tetap menempel pada tembok sambil menarik nafas dalam-dalam.

Hentikan gerakan tangan ketika merasakan ada beban tahanan dan tahan posisi tersebut selama beberapa detik. Selanjutnya Hembuskan nafas bunda secara perlahan-lahan.

2. Peregangan Kaki Sambil Bersila

Senam ini umumnya terdiri dari dua gerakan. Gerakan yang pertama bunda bisa duduk bersila dan kedua telapak kaki saling bersilangan, kemudian cobalah untuk membungkukan badan semampunya.

Selanjutnya bunda coba menahan posisi tersebut selama beberapa saat, lalu menegakkan kembali badannya. Ulangi gerakan tersebut sampai beberapa kali dan jaga agar punggung bunda tetap lurus ketika membungkuk kedepan.

3. Gerakan Posisi Merangkak

Pada gerakan ini, bunda bisa meletakkan telapak tangan berada di lantai, selebar bahu. Letakkan lutut juga pada lantai selebar pangkal paha. Selanjutnya angkat lengan kanan kedepan dan juga mengangkat kaki kiri kebelakang.

4. Senam Dengan Duduk di Kursi

Bunda juga bisa memanfaatkan kursi untuk memulai gerakan senam yang aman pada masa kehamilan. Caranya dengan mengambil handuk yang agak panjang dan sangkutkan tersebut pada salah satu kaki. Lalu tarik kedua ujung handuk tersebut dengan tangan.

5. Gerakan Sujud

Langkah pertama posisikan tubuh bunda seperti sedang dalam keadaan bersujud. Selanjutnya naikkan area pinggu sambil memajukan kedua telapak tangan dengan lurus. Pastikan kening dan dagu bunda menempel pada lantai, tahan posisi ini selama 10-20 detik.

6. Latihan Beban Pada Lengan

Melatih beban pada lengan bisa dijadikan gerakan senam ibu hamil. Latihan ini dianjurkan bagi bunda yang terbiasa olahraga angkat beban pada lengan. Dengan latihan ini, maka bunda akan dapat memperkuat otot tubuh sehingga setelah melahirkan tubuhnya akan tetap kencang.

7. Melakukan Gerakan Yoga yang Lembut

Senam ibu hamil bisa mengikuti gerakan yoga yang lembut. Untuk gerakan ini, bunda bisa melihatnya pada tutorial yoga beberapa situs. Bunda dapat memilih gerakan yoga untuk ibu hamil yang biasanya difokuskan pada relaksasi.

8. Senam Kegel

Gerakan senam ibu hamil yang kedelapan adalah gerakan senam kegel. Ibu hamil yang menjalani senam kegel, maka akan mendapatkan khasiat seperti penguatan otot dan panggul.

9. Berjalan Kaki Secara Rutin

Bagi bunda yang tidak terbiasa dengan senam ibu hamil, berjalan kaki menjadi pilihan alternatif yang tepat. Dengan berjalan kaki, maka bunda akan membuat proses persalinan nantinya menjadi lebih lancar. Oleh sebab itu, berjalan kaki menjadi sangat dianjurkan bagi ibu hamil yang telah memasuki trimester akhir.

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Bidan Desa Suhendri memeberikan materi mengenai gerakan-gerakan senam khusus ibu hamil, dan dan peserta ibu hamil mendengarkan dengan serius, dan sesekali juga menertawakan karena memang asing terdengar. (27/05)

Demikian penjelasan bidan Suhendri yang selanjutnya para Ibu Hamil juga diberikan vitamin, dengan harapan semoga Ibu dan Janin diberikan kesehatan.” Suhendri menetup kegiatan tersebut.


Salam Sideka Platform Tata Kelola Desa

Administrator : Purwanto

About Sitirejo-Tambakromo 345 Articles
Mewujudkan Transparansi, Mempromosikan, Membantu Menduniakan Desa