Manfaat Senam Bagi Ibu Hamil

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Bidan Desa Suhendri memeberikan materi mengenai gerakan-gerakan senam khusus ibu hamil, dan sesekali mempraktekannya. (27/05)

DESA.ID. SITIREJO – Setelah Bidan Suhendri menyampaikan materi tentang gerakan-gerakan senam khusus ibu hamil (27/05/2021) kemarin, admin juga sempat menjumpai Bidan Desa, Suhendri mengatakan seharusnya kami juga akan menyampaikan tentang manfaat senam bagi ibu hamil, namun karena waktu yang terbatas, terpaksa kami menyudahi kegiatas kelas hamil tersebut.

Namun Suhendri memminta tolong untuk menuliskan manfaat senam bagi hamil pada website desa, dengan harapan semoga bisa dibaca oleh warga yang membutuhkan pengetahuan tentang manfaat senam bagi ibu hamil.

Senam ibu hamil sangat bermanfaat untuk dapat membuat fikiran bunda menjadi lebih rileks. Selain itu, senam pada saat kehamilan dapat membuat proses kehamilan menjadi lebih lancar. Berikut ini adalah beberapa manfaat senam bagi ibu hamil :

Membantu Mengembalikkan Energi

Dengan berolahraga senam secara teratur, maka fisik bunda akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah lelah. Selain itu, tubuh bunda juga akan menjadi lebih bugar dan berefek juga pada janin didalama kandungan bunda.

Membantu Mengurangi Stress

Pada masa kehamilan, biasanya sebagain orang mengkhawatirkan proses persalinannya atau kondisi bayi yang akan dilahirkannya. Namun, bunda harus mencegah stress itu agar kondisi bayi didalam kandungannya tidak terpengaruh kesehatannya.

Dengan senam, maka akan dapat membuat fikiran bunda menjadi rileks dan stress akan dapat teratasi. Jadi, hal ini tentunya menjadi sangat baik pada ibu hamil yang mudah mengalami depresi.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Selain stress, bunda juga akan mengalami kesulitan untuk tidur pada masa kehamilan. Namun, dengan berolahraga secara rutin maka sulit tidur akan dapat teratasi. Tidur bunda pun akan semakin nyenyak dan tumbuh kembang bayi didalam kandungannya akan menjadi lebih optimal.

Menurunkan Risiko Komplikasi

Komplikasi pada kehamilan biasa disebut juga diabetes gestasional dan preeklampsia. Dengan berolahraga seperti senam, maka hal tersebut dapat menurunkan risikonya. Selain itu dengan berolahraga secara rutin, bunda akan mendapatkan tubuh yang ideal meski dalam masa kehamilan.

Memperlancar Persalinan

Ini merupakan manfaat yang sangat penting untuk bunda perhatikan. Karena dengan berolahraga seperti senam, otot dan tubuh bunda akan menjadi fit serta mendapatkan energi lebih untuk proses persalinan nantinya.

Ibu yang sedang hamil diharuskan untuk tetap melakukan olahraga ringan. Berbagai olahraga bisa dilakukan seperti renang bagi ibu hamil atau yang paling mudah dilakukan senam ibu hamil.

Dengan melakukan olahraga senam maka bunda akan mendapatkan beberapa manfaat. Seperti mengurangi stress, risiko komplikasi hingga memperlancar proses persalinan nantinya. Bunda bisa mencoba gerakan-gerakan ringan seperti yang telah disajikan.

Namun, sebelum berolahraga tersebut sebaiknya untuk berkonsultasi kedokter kepercayaan bunda. Mintalah saran berupa gerakan senam ibu hamil apa saja yang boleh dilakukan dan dilarang semasa kehamilan. – last update: 28/05/2021 by Suhendri.

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Seremonial bersama bidan desa dan peserta kegiatan kelas ibu hamil setelah usai kegiatan. (27/05/2021)

Salam Sideka Platform Tata Kelola Desa

Administrator : Purwanto

About Sitirejo-Tambakromo 350 Articles
Mewujudkan Transparansi, Mempromosikan, Membantu Menduniakan Desa