Kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) Sitirejo 2021

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Pekerja dalam pelaksanaan Kegiatan PKTD Desa Sitirejo 27/05/2021

DESA.ID, – SITIREJO (27/05/2021) Padat Karya Tunai Desa merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa khususnya masyarakat miskin dan marginal yang bersifat produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya tenaga kerja dan teknologi lokal untuk memberikan tambahan upah/ pendapatan, meningkatkan daya beli, mengurangi kemiskinan, dan sekaligus mendukung penurunan angka stunting.

Padat Karya Tunai Desa dalam pelaksanaan Dana Desa diharapkan dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, dengan memberikan honorarium (upah) langsung tunai kepada tenaga kerja yang terlibat, baik secara harian maupun mingguan, sehingga dapat memperkuat daya beli masyarakat, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Kriteria keterlibatan warga desa dalam program PKTD yaitu pengangguran, keluarga miskin dan warga marginal lainnya, termasuk juga perempuan kepala keluarga.

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) dalam pemanduan para pekerja di lokasi saluran air pertanian Dukuh Klopokerep dalam Kegiatan Padat Karya Tunai (PKTD) Sitirejo – 27/05/2021.

Pemerintah Desa Sitirejo berhasil menyerap sedikitnya 12 orang tenaga kerja dalam yang akan di pekerjakan di 2 tempat yaitu yang pertama di tempat saluran air pertanian di Dukuh Klopokerep dan saluran air pertanian di Dukuh Kadean, dan rencananya akan dipekerjakan selama sekitar 15 hari / sekitar 2 Minggu terhitunhg dari tanggal 27 Mei 2021.

Dari Program Kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) tahun ini, di mana sumber dana kegiatan PKTD tersebut berasal dari Dana Desa yang seharusnya sudah harus dilaksanakan pada bulan Maret 2021 Namun pada awalnya pencairan terfokus kepada BLT Dana Desa dan Penanggulangan Covid-19. Baru pada hari Kamis, 27 Mei 2021 kegiatan fisik dilaunching.


Salam Sideka Platform Tata Kelola Desa

Administrator : Purwanto

About Sitirejo-Tambakromo 350 Articles
Mewujudkan Transparansi, Mempromosikan, Membantu Menduniakan Desa