Haru dan Khidmat, Acara Serah Terima Jabatan PJ Kepala Desa kepada Kepala Desa Sitirejo Periode 2021-2027

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
serah terima memori oleh PJ Kepala Desa kepada Kepala Desa Sitirejo (sertijab 25/05/ 2021)

SITIREJO.DESA.ID – (25/05/2021) | Setelah dilantiknya Kepala Desa Sitirejo terpilih periode jabatan tahun 2021-2027 oleh Bupati Pati secara devinitif Senin (24/05). Pada hari  ini Selasa (25/05/2021) telah dilakukan acara serah terima jabatan Kepala Desa Sitirejo, Kecamatan Tambakromo dari Penjabat (Pj.) Kepala Desa Sitirejo, Surono, SH kepada Kepala Desa Sitirejo terpilih Darsono, bertempat di Gedung Balai Desa Sitirejo. Acara ini dihadiri  dari Muspika Kecamatan Tambakromo, Ketua dan anggota BPD Sitirejo, Perangkat Desa Sitirejo, Ketua RT/RW, Tim Penggerak PKK Desa, Ketua & Anggota LPMD, Karang Taruna, tokoh masyarakat dan segenap tamu undangan.

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
pembukaan acara sertijab kepala desa sitirejo 2021
Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Sambutan Camat Tamabakromo. (Sertijab 25/05/2021)

Acara serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Desa Sitirejo ini diawali dengan laporan penyelenggaraan oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan Tambakromo, Bapak Bambang dalam laporannya beliau menyampaikan maksud dan tujuan penyelenggaraan acara serah terima jabatan Kepala Desa Sitirejo, sekaligus menyampaikan penjelasan, informasi terkait pelaksanaan pemerintahan desa ketika dipimpin Penjabat (Pj.) Kepala Desa Sitirejo selama bulan April hingga Mei tahun 2021, serta persiapan transisi Pemerintahan Desa Sitirejo yang akan dipimpin kembali oleh Kepala Desa Definitif hasil PILKADES Gelombang 1 Tahun 2021 pada bulan  April kemarin.

Dalam acara tersebut Pj. Kepala Desa Sitirejo, Surono, SH menyampaikan kata-kata pamitan, kesan-kesan beliau selama menjabat Pj. Kepala Desa Sitirejo, serta pesan dan amanat perpisahannya dengan segenap unsur pemerintah desa, lembaga desa & masyarakat desa. “…walaupun saya menjabat Kepala Desa Sitirejo hanya dalam waktu yang relatif singkat, hanya sekitar 1 bulan terhitung dari terbitnya SK Bupati Pati tentang penunjukan Penjabat (Pj.) Kepala Desa pada bulan April 2021 lalu sampai dengan diangkatnya Kades Definitif Desa Sitirejo oleh Bupati Pati tertanggal 24 Mei kemarin, tetapi begitu banyak momen, pengalaman, serta kenangan yang begitu berkesan dalam hati saya pribadi. Warga Desa Sitirejo sudah seperti keluarga bagi saya, terasa begitu hangat dan dekat seperti menjadi bagian dari diri pribadi saya. Berat rasanya, kami harus berpamitan serta berpisah dengan warga Desa Sitirejo, kami selalu berharap perpisahan ini hanyalah seremonial kedinasan, namun hubungan secara kekeluargaan semoga tetap terjalin, silaturahmi serta tegur sapa selalu kita jaga apabila kita dipertemukan pada lain kesempatan” ucap Pj. Kades Sitirejo, Surono, SH dalam pidato perpisahannya.  Dalam pidato tersebut juga disampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Desa Sitirejo, selama menjalankan tugas sebagai penjabat (Pj.) Kepala Desa tentunya masih banyak kekurangan dan masih banyak pekerjaan rumah  dalam lingkup kedinasan Pemerintahan Desa yang masih harus diselesaikan.

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
sambutan pj kades surono SH sertijab 25/05/2021)
Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
sambutan kades terpilih Darsono (sertijab 25/05/2021)

Kata-kata pamitan ditanggapi oleh Ketua BPD Desa Sitirejo, Agus Karyanto mewakili unsur Pemerintahan, Lembaga dan seluruh warga masyarakat Desa Sitirejo. Dalam tanggapanya disampaikan ucapan terimakasih serta apresiasi atas segala perjuangan, jasa-jasanya, dedikasi, serta pemikirannya, demi untuk kemajuan Desa Sitirejo Sebagai insan biasa, tentu saja terdapat kesalahan dan kekhilafan, untuk itu semua elemen masyarakat juga sudah memaafkannya. Seperti yang di ucapkan Ketua BPD Desa Sitirejo, Agus dalam sambutannya “…sebagai insan tentu kami pun dalam ucapan maupun perbuatan banyak salah, banyak khilaf, untuk itu kami atas nama seluruh warga Desa Sitirejo, menghaturkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, serta sebelumnya kami semua, masyarakat Desa Sitirejo juga telah memaafkan apabila bapak Surono, SH terdapat kesalahan dan kekhilafan”. tuturnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Camat Tambakromo Tony Romas Indriarsa, SSTP. MM. “…kami mengapresiasi pelaksanaan PILKADES Desa Sitirejo yang telah menghadirkan Kepala Desa Terpilih, berjalan dengan aman kondusif, serta demokratis. Beliau ini (Darsono, Kades Terpilih-Red) tentunya sudah siap dengan program-program kerjanya, karena terpilih kembali menjadi Kepala Desa untuk periode yang ke-dua kalinya. Kami berpesan, untuk Kepala Desa terpilih agar segera mengeksekusi program-program kegiatan yang menjadi penjabaran Visi-Misinya sebagai Kepala Desa terpilih, dan menyusunnya dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes)” beliau menutup sambutannya.

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
penandatanganan berita acara oleh PJ Kepala Desa, Kepala Desa terpilih, dan 2 saksi dari kecamatan serta ketua BPD Sitirejo sertijab 2021
Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
serah terima memori oleh PJ Kepala Desa kepada Kepala Desa Sitirejo (sertijab 25/05/ 2021)

Usai acara sambutan-sambutan, acara dilanjutkan penandatanganan Berita Acara Sertijab, dan Serah terima Jabatan secara simbolis, dengan prosesi penyerahan Dokumen Pertanggungjawaban serta Stempel Kades, dari Pj. Kepala Desa, Surono, SH kepada Kepala Desa definitif Darsono. Acara tersebut diakhiri prosesi penyerahan cinderamata dari unsur pemerintah dan lembaga Desa Sitirejo, doa bersama serta ramah tamah bersama seluruh undangan yang hadir.

Kepala Desa Sitirejo Terpilih sendiri telah ditetapkan menjabat Kepala Desa secara definitif melalui Keputusan Bupati Pati Nomor 141.1 / 2464 Tahun 2021 tanggal 18 Mei 2021. “…dengan amanat yang telah diberikannya kembali kepada saya untuk menjabat Kepala Desa Sitirejo, saya berupaya dengan sekuat tenaga dan seluruh kemampuan yang saya miliki untuk menjalankan mandat melalui program-program yang berorientasi kepada kemaslahatan serta kesejahteraan masyarakat Desa Sitirejo, sesuai dengan Visi-Misi yang telah kami susun.” ungkap Kepala Desa Sitirejo terpilih, Darsono dalam pidato sambutannya.

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Seremonial kades sarimbit bersama bhabinsa, bhabinkamtibmas dan aparat desa sitirejo. (25/05/2021)
Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Seremonia Kades sarimbit bersama Muspika Kecamatan Tambakromo.(25/05/2021)

Salam Sideka Platform Tata Kelola Desa

Dokumentasi : Bhabinkamtibmas

Administrator : Purwanto

About Sitirejo-Tambakromo 342 Articles
Mewujudkan Transparansi, Mempromosikan, Membantu Menduniakan Desa