Wisuda TPQ Nurul Huda Desa Sitirejo Tahun 2021 M/1442 H

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan

SITIREJO-TAMBAKROMO.DESA.ID – Lembaga Pendidikan Islam Desa Sitirejo Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati hari ini menggelar kegiatan Wisuda dan Imtihan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) tahun pelajaran 1441 – 1442 H / 2020-2021 M. Ujian dilaksanakan di TPQ Nurul Huda, pada Rabu siang ( 31/03/2021 ).

Ketua TPQ ( Ustadz Sukawi ) dalam keterangannya mengatakan bahwa pihaknya telah membagi tugas pada semua pelaksananya untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap wali santri dan tentunya kepada santri yang akan ikut wisuda ditahun ini untuk melaksanakan ujiannya.

Tercatat 20 santri dari TPQ Sitirejo yang mengikuti kegiatan akhir tahun pelajaran tersebut. Ujian meliputi ujian tertulis dan praktik dengan tim penguji adalah dari Pondok Pesantren Kajen Kecamatan Margoyoso. Materi yang diujikan meliputi Fashohah, Tartil, Tajwid, Ghorib, Praktik Wudhu, Praktek Salat, Hafalan Surat-Surat Pendek Al-Quran, dan Hafalan Doa-Doa Harian.

Ketua LPQ Desa Sitirejo, Ustadz Sukawi menyampaikan bahwa Wisuda dan Imtihan TPQ ini merupakan program Standarisasi Lulusan TPQ dan menjadi wujud realisasi program kerja para ustadz dan ustadzah Desa Sitirejo Kecamatan Tambakromo. Santri yang lulus ujian akan diberi syahadah (ijazah).

“Harapan kami dengan adanya Standar Minimal Kelulusan TPQ akan memberikan dampak yang positif bagi perkembangan serta perhatian berbagai pihak dalam Pendidikan Al-Quran. Alhamdulillah semua TPQ menyambut baik program wisuda dan Imtihan TPQ ini, dan karena ini dalam masa pandemic, kami pun menerapkan secara ketat protocol kesehatan dengan menyediakan masker, menyediakan tempat cuci tangan, dan menjaga jarak ( social distancing ),” tutur Sukawi.

Ia juga berharap santri TPQ dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya, yakni Madrasah Diniyah dan atau Pondok Pesantren.


Salam Sideka Platform Kelola Desa

Dokumentasi : Ahmad Zainuri

Editor : Purwanto

About Sitirejo-Tambakromo 345 Articles
Mewujudkan Transparansi, Mempromosikan, Membantu Menduniakan Desa