Mengingat kembali Tahun 2019 Pesan Presiden Jokowi kepada Pemdes dalam mengelola Dana Desa (DD)

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Ada 4 Fokus yang menjadi prioritas penggunaan dana desa tahun 2021

SITIREJO.DESA.ID – Di hadapan ribuan kepala desa dan perangkat desa se Indonesia, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan sejumlah pesan terkait pemanfaatan dana desa di Ecovention Hall Ancol, Jakarta Utara.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (21/2/2019), Jokowi kembali mengingatkan agar para kades bertanggung jawab mengelola dana yang besar tersebut untuk kepentingan warganya. Jokowi juga memberi kesempatan para kades menyampaikan hasil yang dicapai dengan memanfaatkan dana desa.

Jokowi berharap dana desa dapat dimanfaatkan untuk meningkatan roda perekonomian di desa, pengadaan bahan baku pembangunan infrastruktur hingga pekerja diharapkan semuanya berasal dari desanya sendiri.

“Anggaran itu tolong kalau ada proyek misalnya, usahakan agar matrial-matrial yang ada itu dibeli di desa itu, kalau tidak ada beli di desa lain tapi yang masih satu kecamatan,” ujar Presiden RI Joko Widodo.

Selama empat tahun pada masa itu pemerintahan Jokowi, pemerintah telah mengucurkan total Rp 187 triliun sebagai dana desa. Pada tahun 2019 itu pemerintah menganggarkan dana desa hingga Rp 70 triliun, dan pada tahun 2021 ini meningkat hingga Rp 72 triliun.

Namun ada yang berbeda mulai dari tahun 2020 sampai 2021 ini dalam pengelolaan dana desa, seperti yang di pesankan oleh Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar, mengatakan “target serapan tenaga kerja melalui PKTD sebesar 4.248.750 warga desa yang mendapatkan penghasilan rutin selama 6 bulan menjalankan PKTD. Dengan demikian, pengalaman di 2020 PKTD, BLT dana desa menjadi salah satu faktor penting dalam menahan (kenaikan) kemiskinan di desa dan menahan (kenaikan) jumlah pengangguran di desa,” tutur Abdul.


Sumber : nasional.kontan.co.id

Editor : sitirejo-tambakromo.desa.id

Administrator : Purwanto