Gelar Musdesus, 103 KK Miskin Desa Sitirejo Akan Terima BLT DD Tahun Anggaran 2021

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan

SITIREJO, DESA.ID – Sebanyak 103 Kepala Keluarga (KK) di Desa Sitirejo Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati Jawa Tengah akan menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD)

Bantuan tersebut akan disalurkan selama setahun pada tahun ini. Hal itu menyusul telah ditetapkannya Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT DD tahun 2021 pada acara Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) BLT DD 2021, yang digelar oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Rabu Malam Kamis (27/1/2021).

Ketua BPD Sitirejo, Agus Karyanto, ST mengatakan sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia (PMK RI) nomor 222/PMK.07/2020, tertanggal 28 Desember 2020, tentang Pengelolaan Dana Desa. Pemerintah desa tahun ini wajib menganggarkan jaring pengaman sosial (JPS) berupa BLT DD selama 12 bulan sebagai salah satu langkah pemulihan ekonomi bagi warga miskin terdampak Covid-19.

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Penyampaian keterangan dari Ketua BPD Agus Karyanto, ST.(DOC.27/01/2021-SID/PUR)

Karena itu, sebagai tindak lanjut hal tersebut, BPD bersama Pemerintah Desa kemudian menggelar musdesus sebagai forum musyawarah tertinggi di tingkat Desa untuk menentukan KPM yang berhak menerima BLT DD.

“Yang disepakati mendapat BLT DD ada 103 orang, itu yang dianggap layak dan memang belum pernah menerima bantuan sosial lainnya,” ujar Agus Karyanto.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat, musdesus dihadiri oleh Perangkat Desa, Anggota BPD, Ketua RW dan Ketua RT se Desa Sitirejo, tokoh masyarakat.

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Peserta mustwarah dengan tetap mereapkan protokol kesehatan mengikuti musyawarah dengan tenang dan kondusif.DOC-27/1/2021-SID/PUR

Kepala Desa Sitirejo, Darsono mengaku kelabakan adanya kebijakan terkait penetapan BLT DD hingga 12 bulan itu. Selain ada pengurangan dana desa, pihaknya telah mengetok pelbagai kebijakan yang seharusnya didanai oleh Dana Desa.

Akibatnya, pihaknya pun harus melakukan refokusing anggaran besar besaran dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat perihal pelbagai kebijakan yang ditunda atau bahkan terpaksa dibatalkan.

“Kita kan masih bergantung dengan dana pemerintah untuk pengembangan desa ya, tapi kita manut saja karena memang saat ini fokusnya menangani pandemi Covid-19, dana desa banyak tersedot ke situ,” ujarnya.

Namun demikian, pihaknya hanya bisa pasrah sebab hal itu telah menjadi keputusan pemerintah pusat sehingga pemerintah yang ada dibawahnya pun hanya turut mendukung kebijakan tersebut.

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Sambutan Kepala Desa Sitirejo Darsono.(DOC.27/02/2021-SID/PUR)

Admistrator SID, Purwanto mengapresiasi musdesus yang digelar oleh BPD dan Pemerintah Desa Sitirejo. Kolaborasi dua institusi  yang sangat apik dengan selalu berpegangan dengan ketentuan itu terbukti menelorkan prestasi yang luar biasa.

Purwanto berharap, Desa Sitirejo dinobatkan oleh Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi  Republik Indonesia menjadi salah satu desa dari total 114 desa se Kabupaten Pati terbaik dalam proses penyaluran BLT DD pada 2020.

Karena itu, ia berharap hal tersebut bisa dicapai oleh pemerintah desa Sitirejo di tahun 2021 ini yang dimulai dengan rangkaian musdesus.


Salam Sideka Platform Tata Keloal Desa

Administrator : Purwanto

About Sitirejo-Tambakromo 342 Articles
Mewujudkan Transparansi, Mempromosikan, Membantu Menduniakan Desa