Sosialisasi Pilkades Serentak Dan Pembentukan Panitia 2021 Desa Sitirejo

Sitirejo, Desa.Id – Mendengar kata-kata Pilkades, tentunya warga sangat bersemangat untuk menghadiri dan mengikuti jalannya dari tahap-ketahap. Dan pada kesempatan ini adalah tahap sosialisasi Pilkades serentak dan pembentukan panitia pilkades tahun 2021 yang digelar di aula pertemuan Desa Sitirejo 22 Januari 2021 pukul 19.30 / bakdal isyak.

Pada acara tersebut pertama kali dibuka oleh pembawa acara bapak Sumarlan, kemudian dilanjutkan sambutan Kepala Desa Darsono, dalam sambutannya Darsono menyampaikan, “saya sangat berterimakasih kepada warga Desa Sitirejo yang telah menyempatkan hadir dalam acara ini, karena tanpa dukungan kalian semua pemerintah desa tidak akan berjalan.”

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Sambutan Camat Tambakromo (Bapak Thomas).DOC.22/01/2021-MAS INDRA
Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Sosialisasi Pilkades Serentak Desa Sitirejo Tahun 2021.(DOC.22/01/2021-SID/PUR)

Hadir pula Camat Tambakromo Bapak Thomas, juga menyampaikan, “beberapa hal yang harus ditaati oleh calon kepala desa (cakades) dimasa pandemi covid-19 tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di tengah pandemi Covid-19, calon kepala desa (cakades) diwajibkan menerapkan protokol kesehatan. Jika melanggar, sanksi paling “kejam” bisa didiskualifikasi sebagai cakades. Bahkan, cakades diimbau untuk berkampanye melalui media.”

Camat Tambakromo Bapak Thomas lebih lanjut mengatakan, “aturan pilkades serentak di beberapa desa di Kabupaten Pati tahun ini mengacu pada Permendagri Nomor 72/2020 tentang Perubahan Kedua atas Permendagri Nomor 112/2014 tentang Pilkades. Salah satunya adanya kewajiban bagi cakades untuk menerapkan protokol kesehatan, dalam Permendagri itu juga diatur sanksi bagi calon kades yang melanggar protokol kesehatan bisa didiskualifikasi. Itu hukuman paling berat,” ujarnya.

Sanksi itu, kata Bapak Thoma, tidak hanya berlaku bagi cakades. Tetapi, panitia pilkades juga wajib menerapkan protokol kesehatan dan juga ada sanksinya jika melanggar. Sanksi itu mulai sanksi teguran lisan, teguran tertulis, dan sampai diskualifikasi. “Sanksi melanggar protokol kesehatan itu diatur dalam pasal 44 poin E,” pungkasnya.

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Sambutan Kapolsek Tambakromo.DOC.22/01/2021-MAS INDRA

Sambutan berikutnya yaitu dari Kapolsek Tambakromo dan Danramil Tambakromo, dalam sambutan Kapolsek juga menyampaiakan dengan singkat, “untuk selalu menjaga ketertiban dalam pilkades nantinya, dan jangan sampai menyebarkan berita HOAK karena itu bisa melanggar undang-undang IT.”  jelas kapolse mengakhiri sambutannya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Bapak Danramil Tambakromo disampaikan kepada warga untuk ikut membantu dan menjaga ketertiban disaat pilkades yang akan datang.

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Penyampaian Materi sosialisasi oleh nara sumber.(DOC.22/01/2021-SID/PUR)
Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Penyampaian Materi sosialisasi oleh nara sumber.(DOC.22/01/2021-SID/PUR)

Terakhir yaitu penyampaian materi dan tata tertib Pilkades serentak oleh nara sumber yaitu Kasie Pemerintahan Kecamatan Tambakromo (Bapak Bambang). Beliau menyampaiakan yang mengacu dengan Peraturan Bupati (Perbup) Pati Nomor 88 Tahun 2020 Tentang Pilkades.

Dan karena materi tentang Pilkades yang dituangkan dalam Perbup No 88 Tahun 2020 ini juga lumayan panjang, silahkan simak dan download materinya link dibawah ini.

Materi Sosalisasi Peraturan Bupati (Perbup) Pati Nomor 88 Tahun 2020 Tentang Pilkades

Kami juga menyediakan 2 versi untuk download : Versi PPT dan Versi PDF


Mungkin sekian yang dapat admin sajikan semoga bermanfaat

Salam Sideka Platform Tata Keloal Desa

Administrator : Purwanto

Editor Documen : Mas Indra

About Sitirejo-Tambakromo 345 Articles
Mewujudkan Transparansi, Mempromosikan, Membantu Menduniakan Desa