Musdes Perancangan Dan Penyusunan RKPDes Untuk Anggaran Tahun 2021 Desa Sitirejo

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan

Sitirejo, DESA.ID – Bertempat di Ruang Rapat pertemuan Balai Desa Sitirejo, Kecamatan Tambakromo, hari Selasa 23 Desember 2020 diadakan Musyawarah Desa (Musdes) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun Anggaran 2021.

Acara ini diikuti oleh Pemerintah Desa dan Staf, anggota BPD, Lembaga Desa, dan sebagai undangan adalah Pendamping Desa (PD) Mas Ajik dan Pendamping Lokal Desa (PLD) Siti Mualimah.

Acara dimulai kurang lebih pukul 09.30 dengan dibuka oleh Ketua Team perancangan (Sumarlan, SE.) dan kemudian dilanjutkan sambutan Kepala Desa Sitirejo (Darsono).

Kepala Desa dalam sambutannya, “menyampaikan bahwasanya Musdes sebagaimana biasanya adalah pencermatan terhadap program kerja dari desa yang merupakan breakdown dari RPJMDes periode tahun 2015-2020 dan sempat ada revisi RPJMDes ditahun 2019 yang merupakan visi-misi Kepala Desa.”

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Sambutan kepala desa (Darsono) menyampaikan rencana anggaran yang akan dialokasikan untuk pembangunan fisik tahun 2021.

Lebih lanjut, Kepala Desa Sitirejo menyampaikan, “bahwa pencermatan RKPDes siang itu adalah untuk melihat kesiapan program kerja tahun 2021, dan membacakan rencana pembangunan yang akan dilaksanakan ditahun 2021 beserta besaran anggaran/keuangan dari berbagai sumber pendapatan desa.

Dan diingatkan juga oleh Kades bahwa di tahun 2021 mendatang ada kegiatan pemilihan Kepala Desa, dan juga boleh dianggarkan dari Dana Desa.

Baca Juga : 4 Focus Penggunaan Dana Desa Tahun 2021

Darsono juga menyampaikan pengarahannya “bahwa pada tahun 2021 masih seperti tahun 2020, pemerintah desa masih dihadapkan pada persoalan penanganan covid 19 sehingga perencanaan dapat menjawab persoalan yang dihadapi dan dituntaskan di tahun 2021.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa perencanaan harus berorientasi pada kebutuhan (prioritas), perencanaan dilakukan secara serius dengan model bottom up planning.

Sementara iti Mas Ajik, dari Pendamping Desa dalam pengarahannya mengatakan bahwa penyusunan RKPDes ini secara signifikan untuk kemajuan masyarakat Sitirejo sehingga rencana kerja 2021 ini sesuai daftar usulan desa yang diusulkan di Kabupaten, Propinsi maupun Pusat melalui kecamatan.

Lebih lanjut Pendamping Desa (Mas Ajik) mengatakan, “bahwa pada Musdes kali ini ada agenda yang harus dilaksanakan, yaitu pembangunan ditahun 2021 ini sudah ada petunjuk teknisnya yaitu PP Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa.

Mas Ajik juga mengingatkan bahwa kegiatan yang direncanakan mengoptimalkan penanganan pandemi covid 19 sehingga pemulihan kondisi tersebut sangat mewarnai RKPDes. bahwasanya Pendamping Desa maupun PLD siap mengawal program kerja Desa Sitirejo dengan dasar kebutuhan yang sesuai dengan kondisi untuk penanganan covid 19. Adapun kebutuhan prioritas diutamakan untuk pemulihan ekonomi.

Usulan-usulan

Setelah sambutan dan pengarahan sampaikan kepada anggota musyawarah yaitu pencermatan terhadap rencana kerja desa di tahun 2021 dan usulan-usulan.

Banyak masukan dari peserta musdes kaitannya dengan kegiatan investasi yang masih dominan dibanding dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk penanganan covid 19. Belum adanya kegiatan yang berbasis lingkungan juga menjadi pencermatan dari peserta musdes.

Selain itu ada masukan juga untuk kegiatan menunjang perekonomian yang difokusnya kepada masalah pertanian didesa yang direncanakan pengelolaannya diharapkan oleh Bumdes. Dan juga ada diberi kesempatan untuk anggota musyawarah untuk memberikan masukannya yaitu tentang pengelolaan sistem informasi desa dan pengelolaan/pendataan propil desa.

Dalam kesempatan tersebut ketua team perangcang ataupun pendamping desa dan juga penanggung jawab program berkenan untuk menanggapi dan menjadi catatan untuk revisi atau penyesuaian terhadap kesepakatan rencana kerjanya.

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Tanggapan dari ketua team perancang untuk beberapa usulan yang sudah masuk dari anggotan musyawarah

Baca Juga : Musrenbangdes 2020

Secara keseluruhan musyawarah berjalan dengan baik walaupun ada sedikit debat namun semua itu bertujuan agar mesyawarah kali ini bisa menyepakati yang pantas disepakati dan untuk transparansi desa.

Diakhir musdes dilakukan penandatanganan berita acara musdes oleh perwakilan peserta dan penunjukkan tim verifikasi RKPDes yang dibagi per bidang/program dan segera berkoordinasi dengan penanggung jawab program untuk verifikasi kegiatan.


Salam Sideka Platform Tata Kelola Desa

Pewarta : Purwanto

About Sitirejo-Tambakromo 345 Articles
Mewujudkan Transparansi, Mempromosikan, Membantu Menduniakan Desa