Sajikan Informasi Secara Transparan Melalui Jogo Tonggo

Sitirejo, DESA.ID – Pemerintah Desa Sitirejo melalui sistem informasi desa bersama tokoh masyarakat dan tokoh pemuda dan juga BPD Desa Sitirejo melaksanakan penginputan data di aplikasi Jogo Tonggo yang diselenggarakan di Balai Desa Sitirejo, Selasa (15/12/20).

Selaku Administrator User Kelurahan Purwanto dalam melaksanakan penginputan data menyampaikan, dasar dari Aplikasi Jogo Tonggo mengacu pada instruksi Gubernur Jawa Tengah No.1 Tahun 2020 tentang pemberdayaan masyarakat dalam percepatan penanganan Covid-19 di tingkat RW melalui satgas Jogo Tonggo.

Bapak Agus Karyanto saat input di aplikasi jogo tonggo, 15/12/2020
Karang Taruna bersama BPD dan juga Kader Pemberdayaan ikut berpartisipasi memberika informasi keadaan yang ada di RW 02

“Jogo Tonggo merupakan gugus tugas paling depan yang berada di tingkat RW atau kelurahan. Melalui aplikasi diharapkan dapat mengatasi permasalahan masyarakat terdampak Covid-19, pengangguran dan siapa saja yang layak mendapatkan bantuan”.

Agus Karyanto (BPD) opertaor RW 02 berkomentar, dalam penginputan ini ternyata tidak sesulit aplikasi-aplikasi yang lain, karena input data yang disediakan adalahan bidang kesehatan, sosial dan keamanan, ekonomi dan bidang hiburan.

Dan semua itu bagi dia sudah di kroscek dengan sebenarnya. Dan prinsip kerja satgas Jogo Tonggo yaitu kemanusiaan dan gotong royong yang melibatkan semua pihak serta bersifat transparan.

Jadi beberapa kader yang bergerak pada aplikasi Jogo Tonggo diantaranya Kader Pemberdayaan, Bidan Desa, Kader Posyantu, Satlinmas, Kader PKK, Kelompok Tani, dan Penyuluhan Swadaya”.

Agus menambahkan, Pemdes dan Operator seharusnya dalam Aplikasi Jogo Tonggo sendiri mempunyai peran untuk sosialisasi, desiminasi, edukasi protokol kesehatan, mempekuat Jogo Tonggo, menggerakkan stakeholder desa, pemantauan proges dan evaluasi kerja.

Pemerintah Desa berharap dengan adanya aplikasi Jogo Tonggo berbagai macam informasi mengenai kesehatan, ekonomi, hiburan, social dan keamanan dari tingkat bawah (RW) dapat sampai di level atas atau provinsi dengan cara yang sangat mudah.

Beranda Aplikasi Jogo Tonggo

Salam SIdeka Platform Tata Kelola Desa

Editor : desa.id

About Sitirejo-Tambakromo 350 Articles
Mewujudkan Transparansi, Mempromosikan, Membantu Menduniakan Desa