Contoh RAB Propil Desa (Penyusunan, Pendataan, dan Pemutaakhiran Propil Desa)

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Penyusunan, Pendataan, dan Pemutaakhiran Propil Desa

Sitirejo, DESA.ID – RAB Profil Desa (Boq for Village Profile) – Salah satu Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) yang wajib disusun atau dibuat oleh Pelaksana Kegiatan Anggaran (PKA) adalah Rencana Anggaran Biaya, atau disingkat RAB. Artikel ini mencoba mengulas Contoh RAB Profil Desa (Penyusunan, Pendataan, dan Pemutakhiran Profil Desa) berbasis aplikasi microsoft excel (xls) dan PDF. Apakah Anda sedang mencari contoh RAB Pembuatan Profil Desa terbaru? Wah, kebetulan sekali!

Seperti biasa, artikel “Aplikasi Excel+PDF RAB Kegiatan Penyusunan, Pendataan, dan Pemutakhiran Profil Desa/Kelurahan” ini adalah jawaban admin kepada teman-teman yang sudah request. Jadi, jika Sobat memiliki usulan, saran, masukan, atau kritikan yang konstruktif lainnya terkait administrasi desa. Silahkan sampaikan kepada Kami. Tentu itu sangat Kami apresiasi.

Artikel ini mencoba memberikan highlight atau gambaran umum mengenai:

Apa itu RAB Profil Desa? Bagaimana Prosedur/Mekanisme Penyusunan-nya atau Pembuatan-Nya? Siapa PKA yang ditugaskan untuk menyusun RAB ini sesuai Peraturan Perundang-undangan? Apa saja contoh jenis, rincian, dan uraian rincian RAB Kegiatan Penyusunan, Pendataan, dan Pemutakhiran Profil Desa? Dan bagaimana contoh format-Nya?

Apa itu RAB Profil Desa? Dan Bagaimana Prosedur Penyusunan-nya?

RAB Profil Desa adalah rencana anggaran biaya yang merinci satuan harga untuk setiap jenis dan objek belanja pada kegiatan Penyusunan/Pembuatan, Pendataan, dan Pemutakhiran Profil Desa (Profil Kependudukan dan Potensi Desa). Kegiatan ini termasuk sub bidang Administrasi Kependudukan, Pencatatan Sipil, Statistik, dan Kearsipan dalam struktur Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Kita tahu bersama, setelah Perdes tentang APBDes dan Perkades tentang Penjabaran APBDes ditetapkan, maka Kepala Desa menugaskan Kaur dan Kasi Pelaksana Kegiatan Anggaran (PKA) sesuai tugasnya untuk menyusun DPA dalam waktu paling lama 3 (tiga) hari kerja sejak regulasi desa tersebut ditetapkan. (Lihat Pasal 45 ayat 1, Permendagri 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa).

Siapa PKA Kegiatan Profil Desa?

Untuk menentukan siapa PKA (baca juga: dulu disebut PK/Pelaksana Kegiatan) yang ditugaskan untuk menyusun rincian-rincian belanja pada RAB kegiatan Profil Desa, maka kita perlu sesuaikan dengan tugas dan fungsi-nya (tupoksi). Secara umum, sesuai tupoksi-nya dalam SOTK Desa terbaru yang diatur dalam Permendagri 84 Tahun 2015, PKA untuk kegiatan ini adalah Kasi Pemerintahan. Dengan kata lain, RAB ini adalah RAB Kasi Pemerintahan.

Belanja Kegiatan Profil Desa (Village Profile) Menurut Jenis-nya

Belanja kegiatan Penyusunan/Pembuatan, Pendataan, dan Pemutakhiran Profil Desa menurut jenis-nya, adalah termasuk Belanja Barang dan Jasa.

Contoh Rincian Belanja Kegiatan Profil Desa (Village Profile)

Berikut ini contoh rincian kegiatan Penyusunan/Pembuatan, Pendataan, dan Pemutakhiran Profil Desa, meliputi:

  1. Belanja Barang Perlengkapan Kantor (seperti Perlengkapan Alat Tulis Kantor dan Benda Pos,
  2. Bahan Bakar Minyak/Gas/Isi Ulang Tabung Pemadam Kebakaran, Perlengkapan Cetak/Penggandaan, dan lain-lain)
  • Belanja Jasa Honorarium
  • Belanja Perjalanan Dinas
  • Dan lain-lain

Contoh Uraian Rincian Belanja Kegiatan Profil Desa (Village Profile)

Untuk uraian kegiatan Penyusunan/Pembuatan, Pendataan, dan Pemutakhiran Profil Desa (Profil Kependudukan dan Potensi Desa) sebagaimana sudah Kami sebutkan tersebut, telah Kami buat dalam bentuk file format Pdf dan Excel (Xls). Didalam file tersebut telah dilengkapi dengan contoh perhitungan RAB pokja profil desa/kelurahan.

Untuk Sobat Desa yang membutuhkan uraian rincian Contoh RAB (bill of quantity example/BOQ) tersebut sesuai Permendagri nomor 20 tahun 2018 dan Aplikasi Siskeudes terbaru. Silahkan Anda download pada link download berikut ini:


CatatanUntuk besaran satuan harga barang/jasa dan volume satuan-nya  dalam RAB, silahkan merujuk pada Standar Harga atau Standarisasi harga barang dan jasa yang berlaku di Kabupaten/Kota Anda.

Secara umum, RAB adalah salah satu DPA yang sangat penting dan dijadikan sebagai pedoman/standar pelaksanaan kegiatan di Desa oleh PKA/Tim Pengelola Kegiatan (TPK)/Tim Pengadaan Barang/Jasa (TPBJ).

Meskipun begitu memang harus diakui, dokumen RAB yang mengacu pada APBDes awal tersebut, juga tidak menutup kemungkinan adanya perubahan. Sesuai sop/mekanisme pengelolaan keuangan desa, RAB Perubahan disusun oleh PKA dalam hal terjadi perubahan Peraturan Desa tentang APBDes dan/atau Perubahan Peraturan Kepala Desa tentang Penjabaran APBDes yang menyebabkan perubahan anggaran kegiatan (PAK) dan/atau terjadinya perubahan kegiatan.


Salam Sideka Platform Tata Kelola Desa

Sumber : format-administrasi-desa.blogspot.com

Copyrigh : DESA.ID

Editor    : Operator/PUR

About Sitirejo-Tambakromo 350 Articles
Mewujudkan Transparansi, Mempromosikan, Membantu Menduniakan Desa