Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Desa Sitirejo peringati Haul Syeh Abdul Qodir Al-jailani

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan

Sitirejo, DESA.ID – Haul berasal dari Bahasa Arab: Al-Haul ( الحول ) yang mempunyai arti telah lewat dan berlalu atau berarti Tahun. Dalam bab zakat kita jumpai dalam literatur fiqih, haul menjadi syarat wajibnya zakat; hewan, ternak, emas, perak, serta harta dagangan. Artinya harta kekayaan tersebut baru wajib dikeluarkan zakatnya bila telah berumur satu tahun.

Dari hal tersebut di atas nampak kesesuaian antara makna lughawy haul dengan acara haul dimaksud. Sebab, dalam kenyataanya acara haul dilakukan satu tahun sekali, yaitu pada hari kematian atau wafatnya orang yang dihauli.

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Pembacaan manaqib Syeh Abdul Qodir Al-Jailany dipimpin Ustadz Ahmad Syaifuddin. (DOC.26/11/2020-sid/pur)
Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Pembacaan manaqib Syeh Abdul Qodir Al-Jailany dipimpin Ustadz Ahmad Syaifuddin. (DOC.26/11/2020-sid/pur)

Haul merupakan suatu tradisi masyarakat muslim yang sering dilakukan guna untuk memperingati hari kematian seseorang. Haul ulama Fiqih terkemuka Syekh Abdul Qodir Al-Jailani banyak digelar di sejumlah daerah di Indonesia. Tokoh ini ulama Sunni yang sangat dihormati dan dianggap sebagai Wali dalam dunia tarekat dan sufisme.

Biografi Syeh Abdul Qodir AL-jailany

Beliau lahir pada tanggal 1 Ramadhan 471 Hijriyah bertepatan dengan tahun 1077 Masehi didesa Naif termasuk wilayah Jilan yang terletak ditepi sungai Dijlah, yakni salah satu kota di negeri Thabaristan.

Nama lengkapnya adalah Abu Muhamad Abdul Qodir bin Abi Shalih Musa bin Abdilah bin Yahya Al Zahid, bin Muhammad bin Daud bin Musa bin Abdilah, bin Musa Al Jawad bin Abdullah Al Mahdi bin Hasan bin Syayyidah Fatimah binti Rasulullah Saw. Apabila dilihat silsilah dari sang ayah, beliau adalah keturunan Rasulullah Saw dari Sayyidah fatimah Az-Zahrah dan Ali bin Abi Thalib RA. Syekh wafat setelah menderita sakit ringan dalam waktu tidak lama. Ia wafat pada malam Sabtu, 8 Rabiul Awal 561 H.

Di Desa Sitirejo pada hari ini Kamis malam Jumat memperingati haul Syekh Qodir Al Jailani yang diikuti para santri dan tokoh agama dan tokoh masyarakat di seluruh masyarakat Desa Sitirejo.

Dengan pembacaan kitab manaqib yang dipimpin oleh Ustadz Syaifuddin, dan dilanjutkan dengan pembacaan sholawat, sementara pembacaan do’a di pimpin oleh Pak Modin Purwanto. Dan satu tradisi sekaligus menjadi keyakinan masyarakat dengan bersedekah ala kadar.

“Haul Abdul Qodir Jailani dimaknai untuk mengenang sekaligus meneladani kehidupan beliau yang banyak keteladanan dalam menyebarkan agama islam dan menjunjung tinggi nilai – nilai kemanusiaan dan keberadapan.” Tutur Ustadz Syaifuddin usai pimpin bacaan manaqib.

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Pembacaan solawat Nabi Tradisi Haul Syeh Abdul Qodir Al-Jailany dengan shodaqohan. (DOC.26/11/2020-SID/PUR)
Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Tradisi Haul Syeh Abdul Qodir Al-Jailany dengan shodaqohan. (DOC.26/11/2020-SID/PUR)

“Disamping bertujuan untuk mendoakan keberkahan, serta memetik suri tauladan juga untuk mengenang jasa dan hasil perjuangan para syekh atau para alim ulama, yang telah berdakwah mengajarkan tuntunan syariat dan aqidah akhlak. sebagai pedoman atau bekal bagi umat islam dalam menghadapi kehidupan dunia maupun di akhirat kelak.” Lanjut Syaifuddin.

Tradisi Haul

Tradisi haul Syekh Abdul Qodir Al Jailani memiliki makna sismbolik dari keseluruhan isi acara haul, yaitu sebagai simbol interaksi masyarakat melalui media tradisi tersebut. Pengaruh atau manfaat dari tradisi haul Syekh Abdul Qodir Al-Jailani bagi kehidupan sosial keagamaan sangat banyak, diantaranya yaitu dari sisi sosial, menjalin interaksi yang baik antar masyarakat, baik masyarakat setempat maupun masyarakat luar, meningkatkan solidaritas masyarakat, menjaga silaturahmi dan meningkatkan ukhwah Islamiyah.

Manfaat Haul

Manfaat dari sisi keagamaan yaitu meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, dapat menjadi motivasi untuk meneladani perilaku atau sikap yang baik dari Syekh Abdul Qodir Al-Jailani, menambah ilmu pengetahuan ataupun ilmu agama serta mengingatkan kita kepada kematian.


Salam SIDEKA Platform Tata Kelola Desa

Pewarta  : DESA.ID

Editor     : Operator SID

About Sitirejo-Tambakromo 342 Articles
Mewujudkan Transparansi, Mempromosikan, Membantu Menduniakan Desa