Pengembangan Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang tepat untuk

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Tingkat SDM

Sitirejo, DESA.ID – Pada era sekarang ini, pengembangan sumber daya manusia menjadi hal yang penting dan krusial. Pasalnya, di dalam pengembangan SDM tersebut terdapat pembentukan personal yang kualitasnya baik dalam hal keterampilan, loyalitas kerja, hingga kemampuan individu dalam bekerja.

Perusahaan maupun pemerintahan yang memiliki kualitas SDM yang baik, maka juga akan berdampak pada performa dan kemajuan perusahaan maupun pemerintahan. Sehingga pengembangan SDM harus selalu dilakukan dan diprioritaskan.

Strategi Pengembangan SDM

Ada banyak cara atau strategi lainnya yang bisa dilakukan dalam pengembangan sumber daya manusia ini. Berikut ini beberapa cara atau strategi yang bisa dilakukan untuk mengembangkan SDM di suatu perusahaan maupun pemerintahan tertentu :

1. Dengan melakukan pelatihan

Dalam mengembangkan SDM seorang pekerja atau karyawan di suatu perusahaan maupun pemerintahan maka bisa dilakukan pelatihan bagi orang tersebut. Tujuannya adalah untuk mengembangkan individu, dalam hal meningkatkan pengetahuan, keterampilan yang dimiliki, serta sikap individu tersebut.

Sebuah perusahaan maupun pemerintahan tidak akan berkembang dengan baik apabila karyawan /aparatnya tidak memiliki minat pada pekerjaannya, dan tidak mempunyai keterampilan secara khusus. Melalui pelatihan itu juga, perusahaan maupun pemerintahan bisa menggali potensi para karyawan /aparatnya dengan cara mengembangkan karyawan /aparat tersebut. Setiap perusahaan maupun pemerintahan biasanya akan menerapkan suatu pelatihan khusus, supaya kualitas karyawan /aparatnya meningkat.

2. Pendidikan

Cara mengembangkan SDM yang bisa dilakukan oleh perusahaan maupun pemerintahan adalah dengan pendidikan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kerja, yang artinya suatu pengembangan yang sifatnya formal dan berhubungan langsung dengan karir mereka sendiri.

Para karyawan /aparat di suatu perusahaan maupun pemerintahan juga membutuhkan pendidikan, yang nantinya akan membantu mereka dalam mengatasi segala masalah yang terjadi di pekerjaan mereka. Karena di dalam pendidikan itu sendiri, ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

3. Pembinaan

Cara melakukan pembinaan para karyawan /aparat di suatu perusahaan maupun pemerintahan bisa dengan mengatur serta membina mereka yang menjadi subsistem organisasi, dengan melalui beberapa program penilaian dan juga perencanaan. Hal-hal seperti itu juga bisa menjadi salah satu strategi yang tepat dalam mengembangkan sumber daya manusia di sebuah perusahaan maupun pemerintahan tertentu, sehingga SDM yang dihasilkan dari pembinaan ini akan lebih berkualitas.

Pembinaan terhadap sumber daya manusia pada suatu perusahaan maupun pemerintahan selain bertujuan untuk mengembangkan kemampuan karyawan /aparat, juga agar para karyawan /aparat tersebut mengerti tentang mengapa-mengapa dalam sebuah perusahaan maupun pemerintahan ada aturan yang berlaku, termasuk bagaimana cara karyawan /aparat mematuhi SOP Perusahaan maupun SOP Aparat pemerintahan.

4. Recruitment

Melakukan rekrutmen pada suatu perusahaan maupun pemerintahan untuk mendapatkan sumber daya manusia, bisa dilakukan dengan menyesuaikan klasifikasi kebutuhan perusahaan maupun pemerintahan tersebut yang nantinya akan menjadi alat organisasi dalam hal pengembangan dan juga pembaharuan. Biasanya strategi recruitment ini dilakukan oleh perusahaan maupun pemerintahan pada saat mereka menilai calon pekerja atau aparatur yang melamar di perusahaan maupun pemerintahan mereka.

5. Mengadakan perubahan system

Dalam menyesuaikan sistem serta prosedur organisasi di dalam suatu perusahaan maupun pemerintahan, bisa dilakukan dengan cara merubah sistem yang sudah ada dengan tujuan yang lebih baik. Tujuan utamanya adalah sebagai antisipasi jika muncul suatu ancaman sekaligus peluang yang berasal dari faktor eksternal.

Sistem di dalam suatu perusahaan maupun pemerintahan biasanya akan mendukung aktivitas dan operasional perusahaan maupun pemerintahan, agar berjalan dengan lebih baik lagi. Untuk membuat suatu sistem yang bagus di dalam perusahaan maupun pemerintahan, terkadang para pebisnis atau jika didalam pemerintahan adalah kepala perlu bantuan konsultan bisnis atau pemerintah yang diatasnya agar sistem yang akan dibuat dapat berjalan secara maksimal.

6. Kesempatan

Beri kesempatan pada setiap karyawan /aparat untuk menyalurkan ide atau gagasan mereka, yang akan memajukan perusahaan maupun pemerintahan tersebut. Sehingga karyawan /aparat di dalam perusahaan maupun pemerintahan itu akan memiliki kontribusinya masing-masing bagi perusahaan maupun pemerintahan. Hal itu juga akan membuat karyawan /aparat menjadi merasa lebih dihargai sekaligus membuat mereka menjadi lebih berkembang lagi.

7. Penghargaan

Beri juga penghargaan pada karyawan /aparat yang memiliki prestasi secara khusus di dalam perusahaan maupun pemerintahan. Hal itu juga bisa menjadi salah satu cara dalam pengembangan sumber daya manusia, yang membuat mereka menjadi lebih termotivasi dan dampaknya cukup besar bagi perusahaan maupun pemerintahan.

Sumber daya manusia menjadi hal yang tidak bisa diabaikan pentingnya pada sebuah perusahaan maupun pemerintahan. Dengan memiliki strategi pengembangan sumber daya manusia yang tepat, maka perusahaan maupun pemerintahan bisa berjalan ke arah yang lebih baik. Oleh karena itu, jangan pernah luput untuk melakukan usaha pengembangan SDM.


Salam SIDEKA Platform Tata Kelola Desa

Editor : Operator SID

Sumber : DESA.ID

About Sitirejo-Tambakromo 350 Articles
Mewujudkan Transparansi, Mempromosikan, Membantu Menduniakan Desa