Mengenal “SID” Sebagai Mitra Komunikasi Dan Informasi Dalam Menghadapi Pilkades Serentak 2021

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Sistem Informasi Desa (SID) bisa diterima masyarakat dan bisa ikut berpartisipasi dan sebagai rujukan informasi dan komunikasi yang ada di pemerintahan desa

SITIREJO, DESA.ID – Salah satu hal yang paling penting dalam sebuah agenda politik nasional Pilkades 2021 adalah aspek sosialisasi untuk membuka cakrawala informasi bagi masyarakat.

Selama ini, pemerintah dituding kerap menggunakan buzzer atau akun media sosial bayaran untuk mengkampanyekan sesuatu. Tudingan tersebut kini tidak lagi berlaku karena pemerintah memiliki agen resmi dalam ikhwal informasi dan komunikasi ke masyarakat yaitu Sistem Informasi Desa (SID).

Terlepas dari kondisi Covid-19, masyarakat dituntut harus tetap cerdas memilih kepala desa sembari tetap menjaga kedisiplinan dalam protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Pemilihan Serentak yang akan datang ini membutuhkan kesadaran dan pemahaman yang baik dari seluruh pihak di masyarakat karena pada prinsipnya tidak sekadar memilih pemimpin semata, tetapi juga menjaga kesehatan pemilih.

Pemerintah Desa (Pemdes) melalui Sistem Informasi Desa (SID) berupaya agar pesan-pesan sosialisasi tentang bagaimana menjadi pemilih cerdas dan sehat dapat disampaikan dan diterima dengan baik oleh masyarakat. Salah satunya adalah dengan memaksimalkan peran Sistem Informasi Desa (SID).


Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Ensiklopedia desa sitirejo

Operator Sistem Informasi Desa (SID) Purwanto berharap bahwa Sistem Informasi Desa (SID) merupakan mitra strategis pemerintah sebagai motor penggerak yang mengedukasi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dan cerdas dalam Pilkades Serentak.

“Sistem Informasi Desa (SID) bertugas mengajak masyarakat agar tetap memperhatikan dan disiplin menerapkan protokol kesehatan meskipun tengah dalam euphoria pemilihan kepala desa. Prinsip dasar pemilihan selain memilih adalah pemilih tetap sehat.”

Sistem Informasi Desa (SID) merupakan salah satu mitra strategis pemerintah, berperan sebagai motor penggerak untuk mengedukasi masyarakat agar tetap berpartisipasi aktif dan cerdas dalam Pilkades Serentak.

Selama ini, Sistem Informasi Desa (SID) memang dianggap hanya sebagai pemosting kegiatan di desa, namun keinginan admin agar Sistem Informasi Desa (SID) bisa diterima masyarakat dan bisa ikut berpartisipasi dan sebagai rujukan informasi dan komunikasi yang ada di pemerintahan desa.


Sumber : SIDEKA Platform Tata Kelola Desa

Editor    : Operator SID/Pur

About Sitirejo-Tambakromo 345 Articles
Mewujudkan Transparansi, Mempromosikan, Membantu Menduniakan Desa