POSYANDU sebagaian dari upaya Pemerintah Desa untuk mencegah STUNTING

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
POSYANDU menjaga anak dan idu tetap sehat

Sitirejo, DESA.ID – Isu stunting masih menjadi permasalahan di negara Indonesia, termasuk juga di desa Sitirejo. Salah satu cara untuk menanggulanginya adalah melakukan monitoring kesehatan dan perkembangan balita melalui Program Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).

“Posyandu yang tersebar di berbagai wilayah di desa-desa menjadi garda terdepan dalam pencegahan stunting.” Seperti admin kutip dari ulasan Bidan Desa (Ibu Wiwiwn), “Hal ini terbukti juga dengan adanya penurunan balita dengan kasus stunting di berbagai desa.” Lanjut Ibu Wiwin saat memberikan suntikan kepada balita. (14/11/2020-SID/PUR)

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Bidan Desa sedang memberikan suntikan imunisasi kepada balita. (DOC.14/11/2020-SID/PUR)

Posyandu menjadi pelayanan kesehatan terdepan dari pemerintah. Posyandu bisa menjangkau masyarakat secara langsung.  Selain itu, dengan program yang ada di posyandu para ibu-ibu bisa diberdayakan untuk selalu memperhatikan kesehatan anak dan keluarganya.

Dengan adanya kartu sehat, balita bisa dimonitor secara rutin oleh kader/petugas gizi/bidan di Posyandu dapat membantu mendeteksi bila ada kecurigaan ke arah stunting pada anak. Posyandu dapat mencegah anak terkena berbagai faktor risiko stunting melalui program-program yang diselenggarakan. Beberapa program posyandu sebagai upaya pencegahan stunting adalah POPM (Pemberian Obat Pencegahan Pasal) cacingan, penanggulangan diare, sanitasi dasar serta peningkatan gizi.

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Balita dengan senangnya bermain, dengan tujuan melatih keaktifan anak. (DOC.14/11/2020-SID/PUR)

Salah satu keunggulan dari program-program yang ada di Posyandu adalah pemantauan rutin dari perkembangan balita, mulai dari usia 0 hingga 23 bulan yang terus dipantau dengan kartu sehat secara gratis..

Selain kegiatan pemantauan tumbuh kembang anak, posyandu juga menyediakan kegiatan-kegiatan yang bersifat penyuluhan tentang gizi seimbang dan ASI eksklusif. Kegiatan ini berwujud Kelompok Pendukung Ibu (KP Ibu), pemberian makanan bayi dan anak (PMBA), atau Gerakan Sayang Ibu (GSI). Tujuan kegiatannya meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku positif ibu dan balita dalam upaya cegah stunting.


SALAM SIDEKA PLATFORM TATA KELOLA DESA

About Sitirejo-Tambakromo 345 Articles
Mewujudkan Transparansi, Mempromosikan, Membantu Menduniakan Desa