Supaya Sistem Informasi Desa (SID) lancar, Desa wajib membuat RAB khusus SID

Sitirejo, DESA.ID – Sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) yang harus disusun atau dibuat oleh PKA (Pelaksana Kegiatan Anggaran) di Desa adalah Rencana Anggaran Biaya, atau biasa disingkat RAB. Dan salah satu RAB yang akan kita ulas adalah mengenai contoh format RAB Kegiatan Pengembangan Sistem Informasi Desa, atau biasa disingkat RAB SID sesuai dengan bentuk format RAB yang ada pada Aplikasi Siskeudes (Sistem Keuangan Desa) versi 2.0 atau versi tahun 2019.

Disamping itu, Kami ingin berbagi tentang contoh RAB SID. Dan akan lebih fokus untuk mengulas dan membagikan mengenai detail Contoh RAB Sistem Informasi Desa sesuai format RAB yang ada dalam Aplikasi Siskeudes terbaru tersebut.

Dan kabar baiknya adalah Sobat Desa dapat mendownload file atau format RAB tersebut dengan gratis (free) dan mudah. Namun sebelum itu, Kami sarankan Sobat Desa dapat menyimak step by step apa-apa saja yang akan Kami review pada artikel ini. Okay?

Artikel ini sengaja admin tulis supaya sobat desa semua sama-sama tahu dan apa saja yang dibutuhkan untuk kelancaran Sistem Informasi Desa (SID).

  • Okay, kita kembali ke Laptop!
  • Berikut ini highlight mengenai apa yang akan kita bahas, yakni:
  • Apa itu RAB Sistem Informasi Desa?

Bagaimana Prosedur/Mekanisme Penyusunan-nya atau Pembuatan-Nya? Siapa PKA yang ditugaskan untuk menyusun atau membuat RAB Kegiatan ini sesuai Peraturan Perundang-undangan? Apa saja contoh rincian dan uraian rincian Belanja Kegiatan Sistem Informasi Desa sesuai Permendagri No. 20 Tahun 2018 dan juga Aplikasi Siskeudes versi terbaru? Dan terakhir, bagaimana contoh format-Nya?


Apa itu RAB SID..?

RAB Sistem Informasi Desa adalah rencana anggaran biaya yang merinci satuan harga untuk setiap jenis dan objek belanja pada kegiatan pengembangan sistem informasi desa baik berbasis web maupun aplikasi. Sistem Informasi Desa atau SID ini adalah seperangkat alat yang dikelola oleh Pemerintah Desa untuk mendukung pengelolaan (manajemen) dan transparansi keuangan dan pembangunan desa yang merupakan bagian yang tak terpisah dengan amanah UU Desa.

Dalam struktur rincian APBDes, kegiatan pengembangan Sistem Informasi Desa ini termasuk kedalam sub bidang Tata Praja Pemerintahan, Perencanaan, Keuangan, dan Pelaporan. Dan untuk kode rekening dari kegiatan village information system ini adalah 1.4.08.

Untuk prosedur penyusunan-nya sebenarnya sama saja dengan RAB-RAB yang lain. Seperti kita tahu bersama, setelah Perdes Tentang APBDes dan Perkades Tentang Penjabaran APBDes ditetapkan, maka Kepala Desa kemudian menugaskan Kaur dan Kasi Pelaksana Kegiatan Anggaran (PKA) sesuai tugasnya untuk menyusun DPA dalam waktu paling lama 3 (tiga) hari kerja sejak regulasi desa tersebut ditetapkan.


Siapa PKA Kegiatan Manajemen Sistem Informasi Desa?

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Ilustrasi administrator Sistem informasi Desa

Untuk menentukan siapa PKA yang ditugaskan untuk menyusun rincian-rincian belanja pada RAB kegiatan Sistem Informasi Desa, maka kita perlu sesuaikan dengan tugas dan fungsi-nya (Tupoksi).

Pada umumnya, apabila kita mengacu pada Permendagri 84 Tahun 2015 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa, PKA untuk kegiatan ini adalah Kepala Seksi Pemerintahan, atau biasa disingkat Kasi Pemerintahan. Namun jika kegiatan ini dianggap sulit dilaksanakan sendiri oleh PKA, maka dapat dibantu dengan TPK/TPBJ/Tim Manajemen Sistem Informasi Desa.

Contoh Rincian dan Uraian Rincian Belanja Kegiatan Pengembangan Sistem Informasi Desa (SID)

Untuk rincian dan uraian RAB rinci mengenai kegiatan dan anggaran kegiatan  pengembangan sistem informasi Desa,  telah Kami buat dan kemas dalam bentuk file format RAB jadi sesuai format Aplikasi Siskeudes V.2.0 dan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018.


Contoh RAB SID

Bagi sobat desa yang ingin contoh RAB SID silahkan download link dibawah ini:

Aplikasi RAB SID

Sekian yang dapat admin tulis, jika ada yang kurang pas silahkan hubungi admin

SALAM SIDEKA PLATFORM TATA KELOLA DESA

About Sitirejo-Tambakromo 345 Articles
Mewujudkan Transparansi, Mempromosikan, Membantu Menduniakan Desa