Kegiatan Pra-rembuk Stunting Desa Sitirejo yang mengesankan

Sebagai komitmen Pemerintah Desa Sitirejo kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati Jawa Tengah, dalam melakukan intervensi percepatan Pencegahan dan penurunan stunting terintegrasi, yang meliputi 8 aksi percepatan penurunan Stunting sebagaimana  Petunjuk Teknis Pedoman Pelaksanaan Intervensi Penurunan Stunting Terintegrasi Kabupaten/ Kota yang dikeluarkan oleh Kementerian Perencanaan Dan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Maka, meski ditengah suasana ujian bencana kesehatan yaitu pandemic covid 19 Desa Sitirejo tetap melaksanakan tahapan Perencanaan Rembuk Stunting pada Kamis, 05 November 2020. Dan pada kesempatan Pra Rembuk Stunting ini dihadiri PLD (Pendamping Lokal Desa), Bidan Desa, KPM (Kader Pembangunan Manusia), Kader Posyandu dan juga Team Pelaksana Anggaran.

Peserta kegiatan Pra-rembuk stunting (DOC. 05/11/2020-SID/PUR)

Kegiatan dibuka oleh Kader KPM (Kader Pembangunan Manusia), “menyampaikan bahwa sebelum kita melaksanakan Rembuk Stunting yang akan dilaksanakan besok hari Senin, maka kita kumpulkan supaya nantinya setelah masuk di Rembuk Stunting, kita sudah mempunyai perencanaan yang sudah matang”.

Sambutan Kader Pembangunan Manusia (KPM) Devi (DOC.05/11/2020-SID/PUR)

Sementara itu PLD (Halim) juga menyampaikan, “Tujuan Rembuk Stunting itu adalah antara lain :

  1. Menyampaikan hasil analisis situasi dan rancangan rencana kegiatan intervensi penurunan stunting kab/kota terintegrasi;
  2. Mendeklarasikan komitmen pemerintah daerah dan menyepakati rencana kegiatan intervensi penurunan stunting terintegrasi;
  3. Membangun komitmen publik dalam kegiatan pencegahan dan penurunan stunting secara terintegrasi di kabupaten/kota
Sambutan PLD (Halim), (DOC.05/11/2020-SID/PUR)

Lebih lanjut Halim juga menegaskan “bahwa Stunting (kerdil) adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), penanganan stunting tidak hanya tugas bidang Kesehatan, tetapi juga menjadi tugas kita semua, baik dari sisi penyediaan pangan yang bergizi, kualitas sanitasi, lingkungan bersih, dan beberapa hal lain yang menunjang atau mendukung intervensi pencegahan dan penurunan stunting. Penyelesaikan penurunan stunting tidak dapat dilaksnakan dalam waktu yang singkat, oleh sebab itu perlu dilakukan komitmen bersama agar penanganan dilakukan terus menerus dan berkesinambungan.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi tentang peran pemerintah desa untuk ikut berperan aktif dalam upaya penurunan stunting tentang Arah Kebijakan penanganan Stunting Terintegrasi di Desa Sitirejo dilanjutkan dengan Tanya jawab dan diskusi terkait penanganan Stunting.

Dalam sesi diskusi berkenan pula dari Sekdes (Sumarlan, SE), Kader PKK dan Team Pelaksana Anggaran  ikut memberikan saran dan masukan tentang komitmen dalam pelaksanaan pencegahan dan penurunan stunting terintegrasi di Desa Sitirejo.

Kegiatan pada kesempatan ini berjalan dengan kondusif walaupun ada sedikit perselisihan masalah anggaran dan RAB (Rencana Anggaran Belanja).(05/11/2020-SID/PUR).


SALAM SIDEKA TATA KELOLA DESA

About Sitirejo-Tambakromo 345 Articles
Mewujudkan Transparansi, Mempromosikan, Membantu Menduniakan Desa