Pahami Maksud Penyemprotan Disinfektan Corona Covid-19 Sebelum Melakukannya di Rumah

DESA.ID – Sitirejo – Pemdes Sitirejo bersama Karang Taruna dan didampingi oleh Bhabinsa,  dan Bhabinkamtibmas, menggelar sosialisasi tentang apa maksut dan tujuan penyemprotan Disinfektan, dirumah bapak Kadus (Sunarto) Candi RT 08 RW 02 Desa sitirejo. Selasa 03/11/2020.


 

Sambutan Kadus (Sunarto) dalam acara Sosialisasi penyemprotan disinfektan (DOC.03/11/2020-SID/PUR)

Pertama kali acara ini dibuka oleh Kadus (Sunarto), menyampaikan “penyebaran virus corona atau COVID-19 yang belum kunjung reda membuat masyarakat semakin waspada.’

“Mari kita bersama melakukan berbagai cara untuk mencegah penularan virus asal Tiongkok tersebut.” Lanjut Pak Sunarto.

Sementara itu Bhabinkamtibmas juga memberi sambutan “Salah satu upaya yang kitalakukan adalah dengan menyemprotkan disinfektan di rumah.” Seharusnya masyarakat perlu paham dulu apa yang dimaksud dengan disinfektan ini.” Sambung Pak Maman’

“Disinfektan merupakan proses dekonteminasi yang menghilangkan atau membunuh segala hal terkait mikroorganisme (baik virus dan bakteri) pada objek permukaan benda mati. Ini yang membedakan disinfeksi dengan antiseptik. Kalau antiseptik, membunuh atau menghambat mikroorganisme pada jaringan hidup,” Jelas Pak Maman.


 

KKN UNISULA yang sedang mengajari bagaiman cara dan apa saja yang haris disempret disinfektan (DOC-03/11/2020-SID/PUR)

Ada lagi, kata dia, proses strerilisasi, yakni menghilangkan atau membunuh mikroorganisme secara keseluruhan.

“Banyak meminta disinfeksi di perumahan, perkantoran. Tapi perlu diketahui bahwa proses ini memiliki dampak kesehatan seperti menimbulkan bau dan mengiritasi tangan bahkan mengganggu pernapasan. Agar penyemprotan efektif biasanya petugas harus mencuci tangan yang bersih, menggunakan sarung tangan dan menggunakan pakaian khusus untuk melindungi tubuh kita,” urai dia.

Lagipula, kata dia, disinfeksi ini bukanlah segalanya. Prosesnya mungkin selesai dalam satu jam. Tapi residunya bisa menimbulkan dampak lain. “Sebab sumber penyakit kita tidak pernah tahu. Jangan-jangan masalahnya ada pada kita yang sehat atau sakit, atau pura-pura sehat ternyata di dalam tubuh ada agen penyakit yang bisa menularkan penyakit,” sambung Pak Maman.


 

Sambutan Bhabinkamtibmas dalam acara Sosialisasi penyemprotan disinfektan (DOC.03/11/2020-SID/PUR)
About Sitirejo-Tambakromo 342 Articles
Mewujudkan Transparansi, Mempromosikan, Membantu Menduniakan Desa