Upayakan Partisipasi Warga Tentang SID, Administrator Mensosialisasikan Aplikasi SID Dan Website Desa

Sideka Platform Tata Kelola Desa
Spsialisasikan Aplikasi SID dan Website Desa

DESA.ID – Media sosial adalah alat yang efektif membangun partisipasi warga desa. Medsos yang lekat dengan sebutan media petemanan bisa menciptakan persepsi baru bagi warga desa sehingga mereka menjadi tertarik dan terlibat mengikuti perkembangan desanya.


Dimulai dari Aparat Desa, Administrator SID mensosialisasikan Website Desa dan Aplikasi SID yang saat ini lagi gencar-gencarnya pemerintah desa untuk lebih mampu memanfaatkan Sistem Informasi Desa yang telah disediakan pemeritah terkait.

Hal tersebut admin lakukan, supaya media desa yang dikembangkan agar bisa ‘moncer’ ditingkat nasional karena kemampuannya menggenjot permbangunan desa yang salahsatunya keseriusan untuk mendorong penyadaran pentingnya berpartisipasi dalam pembangunan desa. Admin menekankan kepada para perangkat desa di desa Sitirejo ini, untuk dengan rajin selalu mengunggah setiap kegiatan desa di dalam laman media sosial yang dimilikinya.


Sideka Platform Tata Kelola Desa
Sosialisasikan Aplikasi SID dan Website Desa. (DOC 02/11/2020-SID/PU)

Bukan hanya website resmi desa saja, bahkan para perangkat dengan penuh semangat terus menyebarkan setiap perkembangan di sudut-sudut desanya melalui media sosial. Hasilnya, masyarakatmenjadi paham apa yang sedang terjadi di desanya dan tertarik mengikuti setiap info yang ada.

Aktivitas upload meng-upload ini tak hanya mujarab bagi warga desa untuk kemudian aktif mengikuti perkembangan desa melainkan juga menjadi semacam media promosi bagi desanya pada dunia luar. Terbukti, pada setiap kegiatan yang di unggah para perangkat desa dan admin, selalu muncul komentar positif dari para tokoh diluar desa yang bernada dukungan dan merasa selalu terinspirasi oleh langkah –langkah inovatif yang dilakukan desa pemilik akun.


Sideka Platform Tata Kelola Desa
Spsialisasikan Aplikasi SID dan Website Desa, (DOC 02/11/2020-SID/PU)

Seperti kata pepatah ‘Tak Kenal Maka Tak Sayang’, kehadiran sosial media yang kini diakses sekitar 88 juta orang di Indonesia memang sangat efektif menjembatani komunikasi dengan cara yang luar biasa. Kini, mengundang rapat, diskusi dan pembicaraan mengenai banyak hal bahkan bisa dilakukan melalui forum online sehingga menciptakan efisiensi luar biasa. Belum lagi kemampuan menjangkau audien. Media sosial memungkinkan satu kali memasang informasi untuk dibaca ribuan orang dalam hitungan detik.


Salam SIDEKA Platform Tata Kelola Desa

About Sitirejo-Tambakromo 345 Articles
Mewujudkan Transparansi, Mempromosikan, Membantu Menduniakan Desa