Kerja Bhakti Mbangun Punden Desa (Dukuh Kadean)

Masyarakat dengan semangat gotong-royong kerja bakti.(DOC.03/12/2020-SID/PUR)

Sudah menjadi tradisi Desa Sitirejo setelah akhir panen diadakan sedekah bumi yang bertepatan dengan hari jadi desa yaitu Selas Pon. Hal ini sebagai wujud syukur dan terima kasih terhadap Sang Pencipta serta para leluhur desa agar Desa Sitirejo senantiasa subur makmur, tidak terjadi kelaparan, gagal panen, wabah penyakit dan ancaman lain yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Sebagai persiapan, warga Desa Sitirejo mengadakan kerja bakti di sekitar Punden Mbah Mester (Raden Danang), Punden Etan Mester ini konon adalah makam dari salah satu pendiri Desa Sitirejo yang sakti, berwibawa dan sangat disegani, yaitu Mbah Raden Danang. Sehingga tempat ini sampai sekarang tetap dijaga kelestariannya bahkan sudah berkali-kali direnovasi karena dianggap situs desa yang bersejarah.

“Punden Etan Mester adalah tempat yang disakralkan di Desa Sitirejo, kesadaran warga masih tertanam kuat akan hal ini. Sehingga untuk gotong royong membersihkan tempat ini mereka pun tidak pernah keberatan. Ini terbukti dari banyaknya warga yang datang kerja bakti hari itu,“ ungkap Ketua RT 01/01, Samsirun ketika ditemui.

Kerja bakti yang dimulai jam 6 pagi itu selesai sekitar jam 09.00. Setelah menikmati konsumsi yang telah disediakan, warga pulang dan melanjutkan aktifitas masing-masing.

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
warga Dukuh Kadean yang lagi semangat gotong-royong kerja
About Sitirejo-Tambakromo 350 Articles
Mewujudkan Transparansi, Mempromosikan, Membantu Menduniakan Desa