Ingin Jadi Orang Sukses Berikut Kata Bijak Dan Motifasi Presiden Repubilk Indonesia Ir. Sukarno

DESA.ID, Ir. Soekarno merupakan presiden pertama Republik Indonesia dan satu di antara tokoh penting dalam proses kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan.

Semasa penjajahan Belanda dan Jepang, Soekarno seringkali mengeluarkan orasi-orasinya yang selalu memberikan semangat kepada kaum muda untuk terus berusaha dalam memerdekakan bangsa.

Bung Karno memiliki ide-ide dan pemikiran yang sangat menajubkan mengenai kebangsaan yang tak jarang memotivasi kalangan muda saat itu dalam melawan penjajahan.

Selama masa penjajahan hingga menjadi seorang presiden, Bung Karno merupakan seorang yang sangat disegani oleh bangsa Indonesia.

Tidak hanya oleh masyarakat Indonesia, bahkan Bung Karno cukup disegani oleh banyak tokoh dunia. Itu karena gaya bicaranya yang cerdas dan juga kharisma yang dimilikinya.

Sebagai seorang pemimpin bangsa yang baru saja merdeka, ketika itu, Soekarno bisa dikatakan sebagai seorang pemberani dan memiliki jiwa nasionalisme yang cukup tinggi.

Semasa hidupnya Soekarno seringkali berorasi didepan masyarakat Indonesia dan mengeluarkan kata-kata bijak, yang tak jarang dapat memotivasi banyak orang dalam menjalani kehidupan.

Bahkan hingga saat ini, kata-kata bijak yang dulu sering dikeluarkan Bung Karno masih dijadikan bahan bacaan yang dapat memberikan motivasi dan pelajaran bagi masyarakat luas.

Berikut 30 kata-kata bijak Presiden Soekarno mengenai kehidupan, seperti yang kami rangkum dari Brilio.net dan Jago Kata.

Kata-kata Bijak Presiden Sukarno

Sideka tata kelola desa
Presiden Pertama Soekarno meraih 26 gelar doktor Honoris Causa (HC) dari perguruan tinggi negeri (PTN), perguruan tinggi swasta (PTS) dalam dan luar negeri

1. “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, dan beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”.

2. “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka”.

3. “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya”.

4 “Negara ini, Republik Indonesia bukan milik kelompok manapun, juga agama, atau kelompok etnis manapun, atau kelompok dengan adat dan tradisi apa pun, tapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke”.

5. “Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam”.

6. “Belajar tanpa berpikir itu tidakl ada gunanya, tapi berpikir tanpa belajar itu sangatlah berbahaya”.

7. “Gantungkan cita-cita mu setinggi langit. Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang”.

8. “Bunga mawar tidak pernah mempropagandakan harumnya, namun keharumannya dengan sendirinya menyebar melalui sekitarnya”.

9. “Menaklukkan ribuan manusia mungkin tidak disebut pemenang, tapi bisa menaklukkan diri sendiri disebut penakluk yang brilian”.

10 “Laki-laki dan perempuan adalah sebagai dua sayapnya seekor burung. Jika dua sayap sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai ke puncak yang setinggi-tingginya, jika patah satu dari pada dua sayap itu, maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali”.

Kata-kata Bijak Presiden Sukarno

Sideka tata kelola desa
Presiden Pertama Soekarno meraih 26 gelar doktor Honoris Causa (HC) dari perguruan tinggi negeri (PTN), perguruan tinggi swasta (PTS) dalam dan luar negeri

11. “Bebek berjalan berbondong-bondong, akan tetapi burung elang terbang sendirian”.

12. “Tulislah tentang aku dengan tinta hitam atau tinta putihmu. Biarlah sejarah membaca dan menjawabnya”.

13. “Nasionalisme tidak bisa berbunga jika tidak tumbuh di taman internasionalisme”.

14. “Tidak ada satu negara yang benar-benar hidup jika tidak ada seperti kuali yang mendidih dan terbakar, dan jika tidak ada benturan keyakinan di dalamnya”.

15. “Jika kita memiliki keinginan yang kuat dari dalam hati, maka seluruh alam semesta akan bahu membahu mewujudkannya”.

16. “Jikalau aku misalanya diberikan dua hidup oleh Tuhan, dua hidup ini pun akan aku persembahkan kepada tanah air dan bangsa”.

17. “Itulah konsep nasionalisme yang didirikan Indonesia. Bukan orang Jawa, bukan orang Sumatera, bukan orang Kalimantan, Sulawesi, Bali atau lainnya, tapi orang Indonesia, yang bersama-sama menjadi fondasi satu kesatuan nasional”.

18. “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri”.

19. “Aku akan memuji apa yang baik, tak pandang sesuatu itu datangnya dari seorang komunis, islam, atau seorang Hopi Indian”.

20. “Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian bahwa kekuasaan seorang Presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanya kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah Kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa”.

Kata-kata Bijak Presiden Sukarno

Sideka tata kelola desa
Presiden Pertama Soekarno meraih 26 gelar doktor Honoris Causa (HC) dari perguruan tinggi negeri (PTN), perguruan tinggi swasta (PTS) dalam dan luar negeri

21. “Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan”

22. “Kalau pemuda sudah berumur 21-22 tahun sama sekali tidak berjuang, tak bercita-cita, tak bergiat untuk tanah air dan bangsa, pemuda begini baiknya digunduli saja kepalanya”.

23. “Hanya bangsa yang berani mengambil nasib dalam tangan sendiri, akan dapat berdiri dengan kuat”.

24. “Aku ini bukan apa-apa kalau tanpa rakyat, aku besar karena rakyat, berjuang karena rakyat, dan aku penyambung lidah rakyat”

25. “Jangan kamu pernah merasakan bahwa cinta yang kamu rasakan itu membuatmu derita, sungguh Tuhan memberikan cinta dalam hati mu adalah anugerah dan itu harus kamu syukuri”.

26. “Pemilihan umum jangan menjadi tempat pertempuran. Perjuangan kepartaian yang dapat memecah persatuan bangsa Indonesia”

27. “Aku lebih suka lukisan samudra yang gelombangnya menggebu-gebu daripada lukisan sawah yang adem ayem tentram”.

28. “Entah bagaimana tercapainya persatuan itu, entah bagaimana rupanya persatuan itu, akan tetapi kapal yang membawa kita ke Indonesia Merdeka itulah Kapal Persatuan adanya”.

29. “Untuk membangun negara yang demokratis, maka satu ekonomi yang merdeka harus dibangun”.

30. “Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan meski selangkah pun”.

Sumber : Brilio.net dan Jago Kata

Copy of : Operator SID Sitirejo

About Sitirejo-Tambakromo 345 Articles
Mewujudkan Transparansi, Mempromosikan, Membantu Menduniakan Desa