SOSIALISASI IBU HAMIL

Desa.IdSItirejo-Tambakromo,¬†Kegiatan yang sudah menjadi rutinitas setiap bulannya, dan pada hari ini Sabtu, 10 Oktober 2020 “Para ibu hamil yang ada di Desa Sitirejo mengikuti kegiatan penyuluhan mengenai asupan nutrisi yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Kegiatan ini diselenggarakan di balai desa Sitirejo. Sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi ibu hamil untuk tetap menjaga kondisi tubuh ibu dan juga janin yang dikandungnya”.

“Selain asupan nutrisi, para ibu juga diberikan penyuluhan tentang penyakit-penyakit yang rentan terjadi pada ibu hamil, salah satu contohnya adalah tekanan darah tinggi, perdarahan, diabetes pada saat kehamilan”.

Asupan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil yaitu energi 10%, protein 60%, karbohidrat 30%, serat 10%, inoleic acid 10%, linolenic acid 20%, vitamin B 25%, zat besi 60%, asam folat 50%.

Bukan itu saja “jenis-jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan zat besi pada saat kehamilan adalah brokoli, kentang, tomat, kerang, hati dan ampela”, demikian yang disampaikan bidan desa saat di temui OP/SID (Sabtu, 10/10/2020).

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Bidan desa (Suhendri Winarni) saat menyampaikan materi seputar kesehatan yang harus diperhatikan oleh ibu-ibu hamil, dan selalu menjaga kesehatannya beserta janin yang ada di dalam kandungan.

“Zat besi ini sangat dibutuhkan untuk ibu hamil untuk mencegah anemia, dan menjaga agar tidak setres yang juga sering terjadi pada ibu hamil. Selain kandungannya, ibu hamil juga sangat dianjurkan meningkatkan jumlah makanan yang dikonsumsi agar mencukupi kebutuhan gizi ibu dan janin yang dikandungnya”. Sambung Suhendri Winarni.

Baca Juga :

  1. Kegiatan Posyandu
  2. Kelas Balita
  3. Seputar Stunting
  4. Kepesertaan BPJS

Lebih lanjut bidan desa mengatakan “ibu hamil sangat disarankan untuk rutin memeriksakan kandungannya ke bidan atau dokter, selain itu para ibu hamil juga dianjurkan untuk mempersiapkan proses kelahirannya di bidan ataupun dokter terdekat agar lebih memudahkan pada saat persalinan”.

“agar menjauhi beberapa yg bisa mempengaruhi kesehatan ibu yang sedang hamil, diantaranya adalah tidak merokok atau agar tidak mendekati atau untuk berusaha menjauh dari pada asap rokok”. Lanjut bidan desa Suhendri Winarti.

Sideka Tata Kelola Desa Dan Kawasan
Sosialisasi ini berjalan lancar dan juga antusiasme peserta sosialisasi sangat tinggi karena mereka jarang mendapatkan pengetahuan tentang hal-hal yang harus diperhatikan dalam masa kehamilan, baik dari segi gizi maupun segi penyakit-penyakit yang rentan pada ibu hamil.

About Sitirejo-Tambakromo 342 Articles
Mewujudkan Transparansi, Mempromosikan, Membantu Menduniakan Desa