Monetoring Dan Evaluasi (MONEV) DD & ADD 2020 Desa Sitirejo

Digital Desa Sitirejo

Untuk mengetahui progres kegiatan pembangunan yang didanai dari dana desa, Pendamping Desa, Tim Pemerintah Kecamatan Tambakromo, dan Tiem dari Dispermades Kabupaten Pati, Jawa Tengah melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap kegiatan dana desa maupun Anggaran Dana Desa tahun 2020 di desa Sitirejo. 

Kegiatan monev ini berlangsung beberapa hari, dan pada tanggal 05/09/2020 ini dijadwalkan untuk Kecamatan Tambakromo untuk memonitoring di 3 desa yaitu Sitirejo, Mangunrekso, Tambaharjo di wilayah Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati. Sedangkan untuk Desa Sitirejo sendiri berlangsung pada hari Sabtu tanggal 05 September 2020.

Pak Camat Pak Kasipem bersama tiem Bapermades melaksanakan Monev

Tim dari Dispermades berjumlah 8 orang, Tiem Pemerintah Kecamatan Tambakromo yaitu Pak Camat,  dan Kasie Pemerintahan  serta Tim Pendamping Desa melakukan Monitoring dan Evaluasi Belanja Bantuan Keuangan ADD dan DD tahun 2020 selama 2 jam dari pukul 10.00 WIB s.d. 12.00. 

Pengecekan dilakukan baik secara administratif SPJ maupun cros cek di lapangan. Bahwa kedepannya diharapkan untuk kegiatan peningkatan kapasitas kemampuan SDM baik warga maupun Perangkat Desa untuk lebih di tingkatkan di tahun 2020 ini dan tahun yang akan datang.

Dana Desa yang digunakan selain untuk BLT-DD Prosentasenya sedikit sekali dana desa yang digunakan untuk pemberdayaan masyarakat, seperti pelatihan keterampilan, dan peningkatan kapasitas Perangkat Desa dan masyarakat lainnya. Karena tantangan global lebih kepada kesiapan SDM dalam menghadapi kemajuan zaman Digitalisasi ini dan juga pasar bebas dengan semakin banyaknya tenaga kerja maupun produk asing yang masuk ke negeri ini.

Dan saya pribadi berharap agar Desa Sitirejo ini kedepannya dalam penggunaan Dana Desa lebih ke Bidang Pemberdayaan dan memprioritaskan SDM, dan di tahun yang akan datang agar alokasi untuk pemberdayaan masyarakat dan SDM supaya ditambah di dalam APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa).

Monetoring dan Evaluasi Tiem Bapermades DD & ADD

Desa jangan hanya berorientasi pembangunan fisik saja, itulah harapan saya. Karena kegiatan monev ini disamping memantau pembangunan yang bersumber dari dana desa, juga mementau kegiatan pembangunan desa yang bersumber dari dana lainnya, seperti ADD (alokasi dana desa), Bantuan Keuangan Kabupaten dan Bantuan Keuangan Propinsi.