Sudahkah Bunda Membawa Sikecil Ke Posyandu

Desa.Id – Sitirejo – Tambakromo, Posyandu saat ini masih menjadi wadah tepat untuk pemantauan tumbuh kembang balita serta edukasi gizi masyarakat. Adapula beberapa tantangan di posyandu seperti kurangnya kapasitas kader, keterlambatan waktu pelaporan, kualitas data yang dikumpulkan dan langkah konseling yang kurang berfungsi.

Posyandu sendiri erat kaitannya dengan isu kesehatan ibu dan anak serta penurunan angka kematian ibu (AKI), angka kematian bayi (AKB), dan angka kematian bayi dan balita (AKABA).

Nah, untuk membantu para kader posyandu ini agar lebih total dalam melayani dan membantu ibu dan anak di sekitarnya, Wahana Visi Indonesia (WVI) dan HSBC bekerja sama menjalankan suatu program bernama pos PINTAR, posyandu pintar untuk anak sehat dan cerdas.

Program ini merupakan inisiasi penguatan pelayanan posyandu dengan mengkapasitasi kader untuk melakukan pemantauan tumbuh kembang dan konseling gizi yang lebih berkualitas. Tenaga kesehatan pun lebih cepat membuat keputusan atau program yang sesuai dengan hasil laporan tersebut, di mana kalau dulu laporan baru ada sesudah 1 bulan.

“Tujuan sebenarnya untuk membantu pencatatan data posyandu, membantu kader dalam memberikan informasi relevan kesehatan anak saat di posyandu, sebagai alat bantu kader dalam melakukan konseling gizi di posyandu atau rumah serta membantu tenaga kesehatan untuk mendapatkan laporan yang lebih baik dan cepat sehingga dapat membuat program yang sesuai,”.

[su_image_carousel source=”media: 3928,3925,3922,3923,3924,3926,3927″ crop=”none” align=”center” captions=”yes” link=”custom” image_size=”full”]

Fokus program ini antara lain:

1. Meningkatkan kualitas data posyandu seperti meningkatkan akurasi perhitungan usia dan akurasi perhitungan status pertumbuhan balita.

2. Meningkatkan pemanfaatan data posyandu untuk pengambilan keputusan berupa meningkatkan jumlah umpan balik yang diberikan kader saat posyandu, mempercepat waktu pelaporan, meningkatkan jumlah dan kualitas analisis data oleh pemegang program.

3. Meningkatkan konseling pemberian makan pada bayi dan anak di Posyandu melalui kunjungan rumah oleh kader-kader terlatih.

Pewarta : OPD_SID_STRJ

About Sitirejo-Tambakromo 109 Articles
Mewujudkan Transparansi, Mempromosikan, Membantu Menduniakan Desa