Pasca Panen Kacang Hijau Di Desa Sitirejo

DESA.ID, SITIREJO — Sejak bulan Agustus ini petani di Desa Sitirejo Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati sudah memasuki masa panen kacang hijau. Luas panen tahun ini diperkirakan lebih besar daripada tahun sebelumnya.

Ini luar biasa sekali, berdasarkan penuturan salah satu warga sebut (Sudiyono) mengharapkan panen kacang hijau tahun ini sangat meningkat, mengingat peluang pasar yang cukup besar. “Saya kira semangat petani setempat membudidaya kacang hijau ini dipicu harga jualnya yang cukup tinggi,” tuturnya.

Lagi pula harga lelang tahun ini sudah sangat mahal, supaya petani yang menyewa kembali modal saat mengikuti Lelang Tanah Bondo Deso sejak tahun 2019 sampai tahun ini bersyukur sangat meningkat hasil pertanian khususnya panen kacang hijau ini.

Sudiyono pun mengakui kacang hijau di Sitirejo tahun ini rata-rata baik semua, “Kita tidak hanya fokus pangan pokok saja, seperti kacang hijau ini tetap kita dorong agar bisa meningkat produksinya,” tandas dia.

Pemeliharaan kacang hijau lebih mudah, tidak perlu penerapan pupuk yang banyak, jadi biaya pemeliharannya pun tidak berlebihan,” jelasnya.

Harapan semua warga panen tahun ini khususnya tanaman kacang hijau semoga dapat mengembalikan modal dari harga pembelian saat lelang yang memang sangat sudah melonjak.

About Sitirejo-Tambakromo 345 Articles
Mewujudkan Transparansi, Mempromosikan, Membantu Menduniakan Desa