Sitirejo Melaksanakan Sholat Idul Adha Tahun 2020 Di Masjid Jami Nurul Huda

Kabar Desa Keagamaan Kesejahteraan Masyarakat

SITIREJO-TAMBAKROMO – Walaupun saat ini pembangunan masjid masih berjalan dan belum 100% jadi, namun Umat Islam Sitirejo Tambakromo melaksanakan sholat Ied dan merayakan Hari Raya Idul Adha 1441 H di Masjid satu-satunya di desa Sitirejo tepat pada hari Jumat (31/07/2020) sesuai dengan keputusan pemerintah melalui sidang isbat yang dilaksanakan pada hari Selasa (21/07/2020).

Idul Adha tahun ini sedikit berbeda karena bersamaan dengan mewabahnya Covid-19 di Indonesia dan dunia. Sehingga pemerintah menghimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitasnya. Namun pemerintah mengizinkan pelaksanaan sholat Idul Adha (Ied) meskipun di tengah Pandemi Covid-19.

Pemerintah Desa (PEMDES) melalui Kesra Sitirejo, Purwanto menghimbau masyarakat Sitirejo yang tidak menghadiri sholat di masjid karena pandemi covid-19, boleh melaksanakan sholat Ied di rumah saja.

Baca Juga: Pengajian Halal Bihalal

Dan Alhamdulillah di Desa Sitirejo ini Masyarakatnya sudah pada sadar bahwasanya hari yang Agung ini, adalah hari yang dimana terdapat peristiwa yang sangat menggemparkan dunia yaitu peristiwa Nabi Ibrohim diutus oleh Alloh untuk berkorban, terlihat dari antusiasnya masyarakat untuk menyisihkan sebagian hartanya untuk berkorban, pada kesempatan tahun ini di Desa Sitirejo yang berkorban hewan lumayan banyak (Kerbau : 1 ekor, Sapi : 5 ekor, Kambing : sekitar 50 ekor yaitu sebagian di sembilih jadi satu di masjid, dan disembelih dirumah masing-masing).

“Walaupun Desa Sitirejo termasuk Kategori Desa Zona Hijau kita tetap waspada untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan masing-masing. Tetapi yang berada di kawasan yang angka penularan menunjukkan tren meningkat bahkan berada dalam kualifikasi hitam maka pelaksanaan salat Idul Adha tetap di rumah bersama keluarga,” himbau Kesra Desa (Purwanto).

Tidak itu saja sudah menjadi adat didesa Sitirejo ini setelah melaksanakan jamaah sholat Ied kami juga mengeluarkan shodaqoh yang berupa Sari Bumi secukupnya dengan mensyukuri ni’mat yang telah diberikan oleh Alloh SWT.