Penerimaan Bantuan Jaring Pangan Sosial (JPS) dari APBD

Kabar Desa Kesejahteraan Masyarakat

Tambakromo, 23/07/2020 Launching/Peluncuran Bantuan Jaring Pangan Sosial dari pemerintah daerah dilaksanakan di Aula Kecamatan Tambakromo untuk beberapa desa di Kecamatan Tambakromo (Desa Kedalingan, Pakis, Sitirejo, Tambakromo) oleh Bank Daerah Cabang Kayen.

Pak Camat hadir pula di Aula Kecamatan Tambakromo, pada Kamis (23/7). Hadir pula dalam kegiatan itu, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, Kepala Satpol PP, Kapolsek Tambakromo, Danramil Tambakromo, perwakilan Bank Jateng dan perwakilan dari Perangkat Desa masing-masing desa beserta KPM penerima manfaat.

“Jadi memang masyarakat yang terdampak Covid-19 di luar penerima program PKH, BNPT, BLT-DD, JPS PROV, dan BST dari pemerintah pusat akan menerima program bantuan BLT dari pemerintah daerah atau BLT yang bersumber dari Dana APBD”, jelasnya.

Sebagimana yang pernah dijelaskan oleh Bupati Pati bahwa bantuan BLT APBD ini, menurut Bupati, diperuntukkan kepada orang tidak mampu yang terdampak langsung Covid-19, orang miskin yang tidak dapat bantuan program PKH, BNPT, BLT-DD, JPS PROV, dan BST dari pemerintah pusat, serta orang yang sakit parah menahun dan juga orang Lansia.

Bupati, Haryanto berpesan bagi warga yang telah mendapat program bantuan BLT dari pemerintah daerah nantinya juga tidak iri ketika ada warga lain yang menerima pembagian BLT dari pemerintah desa. “Sebab BLT dari dana desa diperuntukan bagi warga terdampak covid di luar penerima program PKH, BNPT, BLT-DD, JPS PROV, dan BST dari pemerintah pusat. Tujuannya tentu saja adalah agar tidak tumpang tindih dan bisa lebih merata serta tepat sasaran”, imbuhnya.

“Bantuan Langsung Tunai dari kabupaten sebesar Rp 600 ribu per bulan selama 3 bulan sedangkan untuk keluarga yang merantau, diharapkan untuk melampiran surat keterangan dari desa. (OPD/STRJ/PUR)