Warga Desa Sitirejo Terima Bantuan Sembako Pemprov

Kabar Desa KEGIATAN PEMDES Pemerintahan

SITIREJO – Sebanyak 57 Kepala Keluarga di Desa Sitirejo menerima bantuan senilai Rp200 ribu dari Jaring Pengaman Sosial (JPS) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Bantuan berupa paket sembako tersebut disalurkan selama tiga bulan berturut-turut. Setiap paket berisi beras 10 kg, minyak goreng kemasan dua liter, telur satu kilogram, kecap, mi instan, dan makanan kalengan berupa sarden atau abon.

Penerima bantuan, Indra Wahyuni (35) warga Dukuh Kadean mengaku, dirinya saat ini nganggur. Sebelumnya, Indra Wahyuni bekerja menerima pesanan snak, namun sejak adanya pandemic Covid-19, pesanan tersebut macet/ berkurang, termasuk Dwi.

Kepala Desa, Darsono, mengatakan, Desa Sitirejo mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah cukup banyak, antara lain 57 paket sembako untuk warga desa Sitirejo. Bantuan JPS Provinsi tersebut, menurut Kades, merupakan salah satu bantuan pemerintah untuk masyarakat terkait penanganan dampak dari wabah Covid-19. Selain itu, masih ada empat bantuan lainnya.

“Pertama, Bantuan Sosial Tunai (BST) senilai Rp600 ribu. (Lalu) program perluasan BPNT atau bantuan sembako. Keduanya dari Pemerintah Pusat. Yang berikutnya adalah bantuan dari Pemerintah Provinsi berupa JPS Provinsi dalam bentuk sembako seharga Rp200 ribu, BLT DD, dan terakhir dari JPS Kabupaten,” jelas Kades saat menyerahkan bantuan JPS Provinsi di balai desa sitirejo, Minggu (12/7/2020).

Ditambahkan, berbagai bantuan tersebut diharapkan dapat didistribusikan secara merata kepada seluruh warga terdampak Covid-19. Tidak boleh ada duplikasi data penerima manfaat, tidak ada warga yang menerima lebih dari satu macam bantuan.

Darsono juga berpesan agar warga Sitirejo mengikuti anjuran pemerintah untuk mempercepat penanganan wabah virus Corona, di antaranya dengan disiplin menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air mengalir.

Ditambahkan, keberhasilan Sitirejo menyalurkan bantuan sosial tersebut karena dibantu oleh para relawan, yakni Tenga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), para Perangkat Desa, serta Operator Sosial, ketiga satuan relawan tersebut merupakan garda terdepan penanganan Covid-19.

Penyerahan Paket Sembako Dari Pihak Bumdes Angkatan Kidul (Bpk Sukawi) Kepada Kepala Desa Sitirejo (Darsono) Yang Didampingi Oleh Operator Sosial (Purwanto)
Penyerahan Paket Sembako Dari Pihak Bumdes Angkatan Kidul (Bpk Sukawi) Kepada Kepala Desa Sitirejo (Darsono) Yang Didampingi Oleh Operator Sosial (Purwanto)

Penulis: OPD/Operator Desa Sitirejo
Editor: Pur/SID/Website Desa